Tugas dan Tanggung Jawab Manajer Keuangan

Manajemen finansial dapat didefinisikan dari tugas dan tanggung jawab manajer keuangan. Tugas pokok manajemen finansial antara lain mencakup keputusan berinvestasi, pembiayaan pekerjaan usaha dan pembagian deviden | laba suatu perusahan, dengan begitu tugas manajer keuangan ialah merencanakan guna memaksimumkan nilai perusahaan.

Kegiatan urgen lainnya yang mesti dilaksanakan manajer finansial menyangkut empat aspek yaitu:

  1. Manajer finansial harus berkolaborasi dengan semua manajer lainnya yang bertanggung jawab atas perencanaan umum perusahaan.
  2. Manajer kuangan mesti memfokuskan perhatian pada sekian banyak keputusan investasi dan pembiayaan, dan sekian banyak hal yang sehubungan dengannya.
  3. Manajer finansial harus berkolaborasi dengan semua manajer di perusahaan supaya perusahaan bisa beroperasi seefisien mungkin.
  4. Manajer finansial harus dapat menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, dimana perusahaan dapat mendapat dana dan surat berharga perusahaan bisa diperdagangkan.

Aspek urgen lain dari destinasi perusahaan dan destinasi manajemen keuangan ialah pertimbangan terhadap tanggung jawab sosial yang dapat disaksikan dari empat segi yaitu:

  1. Jika manajemen finansial menuju pada memeksimalisasi harga saham, maka dibutuhkan manajemen yang baik dan tepat guna sesuai dengan permintaan konsumen.
  2. Perusahaan yang sukses selalu menanam efisiensi dan inovasi sebagai prioritas, sampai-sampai menghasilkan produk baru, penemuan teknologi baru dan ekspansi lapangan pekerjaan.
  3. Faktor-faktor luar seperti perusakan lingkungan, garansi keamanan produk dan keselamatan kerja menjadi lebih urgen untuk dipertimbangkan. Fluktuasi disemua tingkat pekerjaan bisnis dan perubahan-perubahan yang terjadi pada situasi pasar finansial adalahaspek urgen dari lingkungan luar.
  4. Kerjasama antara industri dan pemerintah sangat dibutuhkan untuk membuat peraturan yang menata tentang perilaku perusahaan, dan kebalikannya perusahaan mematuhi ketentuan tersebut. Tujuan perusahaan pada dasarnya ialah memeksimumkan nilai perusahaan dengan pertimbangan teknis.

Baca Juga: