Samsung: Celah keamanan sejak 2014 memungkinkan Galaxy diretas

Samsung: Celah keamanan sejak 2014 memungkinkan Galaxy diretas

 

Samsung Celah keamanan sejak 2014 memungkinkan Galaxy diretas
Samsung Celah keamanan sejak 2014 memungkinkan Galaxy diretas

The Galaxy S20 adalah smartphone pertama di pasar untuk menerima Patch keamanan Mei sebelum Google bahkan

dirilis pada smartphone Pixel sendiri. Dokumen resmi dengan perubahan yang dibuat dengan pembaruan perangkat lunak terbaru dirilis di internet dan mengungkapkan bahwa Samsung telah mengoreksi 9 kerentanan kritis yang terdeteksi di Android dan 19 lainnya yang telah terdeteksi pada perangkat lunak Samsung sendiri.

Salah satu dari 19 kerentanan terakhir dianggap yang paling penting karena sudah ada di smartphone Galaxy sejak

2014. Ini secara praktis berarti bahwa smartphone yang lebih tua seperti Galaxy S5 atau bahkan Note 4 menghadapi masalah yang sama.

Vakum keamanan ini mengeksploitasi fakta bahwa Samsung membuat perubahannya sendiri ke sistem operasi Android dan secara khusus menggunakan file .qmg . File ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Quramsoft , yang menggunakan smartphone Galaxy untuk mendukung Tema Samsung.

Tim peneliti Google Project Zero telah mengidentifikasi kerentanan yang memungkinkan file-file ini untuk

dieksploitasi pada smartphone raksasa Korea Selatan. Menggunakan kerentanan pengguna jahat dapat memperoleh akses ke salah satu pustaka sistem operasi.

Akses ke file sistem operasi dilakukan dengan mengirim pesan MMS. Pesan-pesan ini tentu saja menggunakan file .qmg dan untuk mendapatkan peretas ke perpustakaan yang mereka butuhkan dari 50 hingga 300 MMS.

Sumber:

https://pendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/