Prinsip dan Cara Pengolahan Sampah

Prinsip dan Cara Pengolahan Sampah

Prinsip dan Cara Pengolahan Sampah

Prinsip Pengolahan Sampah

Berikut  adalah  prinsip -prinsip  yang  bisa  diterapkan dalam pengolahan sampah. Prinsip -prinsip ini dikenal dengan nama 5M (Panji Nugroho, 2013 ), yaitu:


  1. Mengurangi (Reduce)

Mengurangi   penggunaan   barang -barang   habis pakai  yang  dapat  menimbulkan  sampah.  Karena semakin banyak barang terbuang maka akan semakin banyak sampah.


  1. Menggunakan kembali ( Reuse)

Mengusahakan  untuk  mencari     barang-barang yang bisa dipakai kembali, dan meng indari pemakaian barang-barang yang sekali pakai guna memaksimalkan umur suatu barang.


  1. Mendaur ulang (Recycle)

Selain mencari barang yang dapat dipakai kembali, dapat pula mencari barang yang dapat didaur ulang. Sehingga barang tersebut dapat dimanfaatkan bukan menjadi sampah.


  1. Mengganti (Replace)

Metode ini dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan    disekitar.    Ganti    barang    sekali    pakai dengan     barang     yang     lebih     tahan     lama,     serta menggunakan barang yang ramah lingkungan.


  1. Menghargai (Respect)

Metode ini menggunakan rasa kecintaan pada alam, sehingga akan menimbulkan sikap bijaksana sebelum memilih.


Cara Pengolahan Sampah

Pengolahan sampah erat kaitannya dengan masyarakat karena dari sampah tersebut akan hidup mikroorganisme penyebab   penyakit   (bakteri,pathogen,      jadi  sampah  harus betul-betul dapat diolah agar tidak menimbulkan masalah.


Menurut  Panji  Nugroho  (2013 ),  berbagai  cara  yang dapat mengurangi efek negatif dari sampah, antara lain :


  1. Penumpukan

Metode ini dilakukan dengan cara menumpuk sampah samapai membusuk, sehingga dapat menjadi kompos.


  1. Pembakaran

Pembakaran   merupakan   cara   yang   sering   dilakukan, bahka  diberbagai  TPA  metode  ini  kerap  dipakai pemerintah, kelemahan metode ini adalah tidak semua sampah dapat habis dibakar.


  1. Sanitary Landfill

Metode ini juga kerap digunakan pemerintah, cara penerapannya adalah dengan membuat lubang baru untuk mengubur sampah.


  1. Pengomposan

Cara ini sangat dianjurkan  karena berdampak  positif dan menghasilkan  barang  bermanfaat  dari  sampah  yang berguna bagi lingkungan dan alam.


Sumber:

https://www.paydayloansusca.com/2020/04/17/robby-bolt-apk/