Pertanian

Pertanian

Beberapa contoh hasil dari bioteknologi modern di bidang pertanian adalah sebagai berikut.

  1. Kapas setelah gennya dimanipulasi dapat resisten terhadap serangan penyakit gen tertentu

Rekayasa genetika dalam bidang tanaman dilakukan dengan mentransfer gen asing ke dalam tanaman. Hasil rekayasa genetika pada tanaman seperti ini disebut tanaman transgenik. Pernahkah kamu berpikir bahwa sepotong jagung dan sebuah tomat dapat menyembuhkan penyakit? Atau hanya dengan memakan pisang kita dapat melindungi diri dari hepatitis?

Prodi gene Inc. of College station, Texas menjadi perusahaan pertama yang berhasil memodifikasi tanaman untuk menghasilkan protein tertentu yang berfungsi sebagai obat. Protein tersebut adalah trypsin, insulin, dan obat penting lainnya yang akan dimasukkan ke dalam jagung. Mereka juga mengujinya pada kentang, tomat dan wortel untuk menghasilkan vaksin hepatitis B. Para peneliti juga memodifikasi tomat, bayam, dan melon untuk menghasilkan vaksin rabies. Kedelai transgenik muncul menjadi obat untuk herpes. Sebuah tim ilmuwan dari Purdue University dan Departemen Pertanian AS (USDA) telah mengembangkan tomat yang tiga setengah kali lebih banyak mengandung lycopene dan antioksidan untuk melawan kanker. Kemajuan ini sangat penting dan dalam kenyataan jumlah tanaman transgenik yang diproduksi setiap tahun semakin meningkat.

  1. tanaman anti serangga, tanaman yang tahan terhadap serangan hama serangga dapat diperoleh melalui proses transplantasi gen. Caranya dengan mengisolasi plasmid Ti dari bakteri Agrobacterium tumefaciens. Selanjutnya, plasmid disisipi sdengan gen delta endotoksin Bacillus thuringensis. Plasmid akan memasukkan gen delta endotoksin ke dalam kromosom sel tumbuhan. Sel-sel tumbuhan yang sudah mengandung gen delta kemudian ditumbuhkan dengan metode kultur jaringan. Tanaman yang dihasilkan akan mampu memproduksi protein delta endotoksin sehingga serangga yang memakan tanaman tersebut akan mati akibat keracunan.

 

Sumber :

https://pesantrenkilat.id/ios-11-1-akan-bawa-ratusan-emoji-baru/