PERISTIWA TRAGEDI PELANGGARAN HAM BERAT SKALA INTERNASIONAL

PERISTIWA TRAGEDI PELANGGARAN HAM BERAT SKALA INTERNASIONAL

PERISTIWA TRAGEDI PELANGGARAN HAM BERAT SKALA INTERNASIONAL

Pembahasan mengenai tragedi pelanggaran HAM yang berat skala nasional sudah selesai dibahas. Ternyata tragedi yang menyedihkan seperti itu juga pernah terjadi pada skala Internasional di belahan negara lainnya.

Ada banyak sekali korban berjatuhan yang diakibatkan dalam beberapa peristiwa tragedi pelanggaran HAM. Hal yang lebih mengkhawatirkan lagi, adanya pelanggaran yang masih berlangsung sampai dengan saat ini, seperti kasus Israel dan Palestina. Beberapa peristiwa tersebut akan dijelaskan sebagai berikut.

1. PERTIKAIAN PIHAK OPOSISI DAN PEMERINTAH MESIR

Pertikaian antara pihak Oposisi dan juga pemerintahan pernah terjadi di Mesir. Pertikaian tersebut diawali dengan turunnya Presiden Hosni Mubarak. Presiden tersebut sudah memerintah selama 4 dekade dan dihentikan, karena memang ada ratusan ribu dari warga Mesir yang berdemo.

Demo tersebut sangat merebak, karena Mesir sedang mengalami krisis ekonomi akibat masalah politik yang berkepanjangan. Ada kubu yang sejalan dengan Presiden Hosni Mubarak, tetapi ada juga kubu yang menentang presiden tersebut.

Kedua kubu yang berasal dari warga Mesir tersebut saling bertikai. Pertikaian tersebut terjadi hampir selama berminggu-minggu. Akibatnya ada banyak sekali warga yang meninggal dunia. Parahnya lagi pertikaian tersebut malah semakin memanas dan meluas.

Lama-kelamaan Hosni Mubarak dikepung oleh pihak yang ingin presiden ini turun. Akhirnya presiden tersebut dibunuh oleh warga yang sangat membenci dirinya. Hal tersebut kemudian menjadi sejarah kelam di pemerintahan Mesir dan termasuk ke dalam pelanggaran HAM yang berat skala Internasional.

2. REZIM PEMERINTAHAN BENITO MUSSOLINI DI ITALIA

Italia pernah mengalami zaman pemerintahan otoriter di tahun 1924. Pemimpin Italia pada saat itu adalah Benito Mussolini yang menganut paham fasisme. Ia memerintah Italia dalam rentang 1924 sampai dengan 1943.

Pada saat ia memerintah, ia dikenal sebagai pemerintah yang sangat kejam. Bila ada orang yang tidak sepaham dengan jalan pikirannya, maka akan ia bunuh. Bahkan namanya juga tercatat dalam salah satu orang yang mencetuskan adanya Perang Dunia II.

Untuk memenangkan peperangan tersebut, Benito Mussolini melakukan kerjasama dengan Adolf Hitler dari Jerman. Hal yang telah dilakukan Benito Mussolini termasuk ke dalam salah satu pelanggaran HAM yang berat, karena menghalangi orang untuk mengemukakan pendapat dan juga membunuh banyak sekali nyawa manusia.


Sumber: https://hon.co.id/shazap-apk/