Peninjauan Metode Kecemasan

Peninjauan Metode KecemasanPeninjauan Metode Kecemasan

Dengan metode kecemasan, manajer risiko memilih keputusan yang dalam jangka waktu lama (long run) yang kan menghasilkan kerugian rata-rata per tahun yang paling rendah. Termasuk di dalam kerugian tersebut adalah suatu nilai yang dibebankan untuk menanggung kecemasan sebab dengan fluktuasi kerugian lebih dari tahun ke tahun.

Nilai ini sangat subyektif, tetapi bila kerugian-kerugian tersebut diharapkan akan menjadi tinggi dalam suatu tahun tertentu, bisa menyebabkan maslah-maslah keuangan yang besar bagi perusahaan tersebut.[7]

            Pengaruh Kecemasan dalam Menetapkan Keputusan

Kecemasan tentang kemungkinan terjadinya kerugian, sebelumnya tidak diperhitungkan sebagai biaya. Memang sangat sukar sekali menterjemahkannya ke dalam nilai sejumlah uang tertentu, akan tetapi mengabaikan biaya ini akan menjurus kepada keputusan yang kurang tepat. Nilai kecemasan tentu saja merupakan faktor yang sangat subyektif. Nilai tergantung atas distribusi probabilitas dari pada :

  1. Ketidakpastian tentang apa yang akan terjadi menurut perasaan pribadi manajer risiko yang bersangkutan.
  2. Risiko-risiko lain yang dihadapi perusahaan yang bersangkutan.
  3. Tujuan manajemen risiko perusahaan yang bersangkutan.

Tujuan manajemen risiko akan mempengaruhi faktor kecemasan tersebut sebab :

  1. Tujuan manajemen risiko menentukan seberapa besar pentingnya kecemasan itu seharusnya ditempatkan pada kerugian potensial.
  2. Tujuan manajemen risiko mencerminkan sikap perusahaan yang bersangkutan terhadap risiko.

Kuatnya keinginan untuk mencapai kedamaian pikiran, atau bebas dari rasa cemas mencerminkan sikap sesuatu perusahaan terhadap risiko.

Recent Posts