Pengertian

 Pengertian

 Pengertian

Tarekat berasal dari bahasa Arab, “thariqah”, jamaknya “tara’iq”, yang berarti jalan, cara atau metode. Sedangkan dalam Ilmu Tasawuf “ Tarekat” adalah jalan yang harus di tempuh oleh setiap calon sufi untuk mencapai tujuannya, yaitu berada sedekat mungkin dengan Allah tanpa dibatasi oleh Hijab.

Menurut Asy- Syekh Muhammad Amin Al- Kurdy, terekat adalah menjauhi larangan dan melakukan perintah tuhan sesuai dengan kesanggupan, baik larangan dan perintah yang nyata maupun yang tidak nyata.

  1.  Sejarah Timbulnya Tarekat

Sejak berdirinya organisasi- organisasi jama’ah sufi dengan para murid atau pengikutnya pada abad ke-12/ 6 H, istilah tarekat tidak lagi hanya mengandung arti jalan, tapi juga mengandung arti organisasi atau kesatuan jama’ah sufi dengan para murid atau pengikutnya.

Sufi yang menjadi pemimpin tarekat ini di sebut syekh. Pada mulanya tempat tinggal syekh itu menjadi pusat kegiatan pendidikan dan pembinaan para anggota tarekat, tetapi kemudian segera bermunculan ribat sebagai perkampungan khusus untuk pembinaan. Perluasan tarekat itu biasanya juga berlangsung sebagai berikut: murid yang telah di pandang oleh syekh berhasil mencapai tingkat tertinggi, memperoleh ijazah ( suatu pengakuan boleh menjadi guru tarekat), dari syekh tersebut. Pemegang ijazah itu keluar dari ribat dan selanjutnya mengadakan serta memimpin ribat yang serupa ditempat lain. Demikianlah sebuah tarekat dengan sebuah ribat yang berdiri di sebuah tempat, dapat meluas ke berbagai penjuru dunia Islam dengan jumlah ribat yang banyak.

Sejarah Islam menunjukkan bahwa tarekat itu bermunculan sejak abad 12 / 6 H dan mengalami perkembangan yang pesat pada abad berikutnya juga.

 

Sumber :

https://obatpenyakitherpes.id/apple-dituntut-gara-gara-perlambat-kinerja-iphone-lama/