PENGERTIAN HAM MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN HAM MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN HAM MENURUT PARA AHLI

1. JOHN LOCKE

Menurut ahli HAM yang satu ini, HAM diartikan sebagai hak-hak istimewa yang diberikan oleh Sang Pencipta (Tuhan) kepada manusia dan bersifat kodrat. Jadi hak-hak tersebut bersifat mutlak dan tidak ada orang lainnya yang dapat mencabut hak paling istimewa tersebut.

HAM ini merupakan hak paling mendasar yang suci. Maka dari itu, selaku makhluk yang dianggap istimewa harus mampu bertingkah laku secara bijak dan menjauhkan diri dari tindakan-tindakan yang dapat mengganggu HAM orang lain.

2. JAN MATERSON

Jan Materson adalah salah satu dari anggota komisi HAM PBB. Menurutnya, HAM adalah hak-hak yang terdapat di setiap manusia dan tanpa hak-hak tersebut, maka manusia tidak akan dapat disebut manusia. Jadi ada banyak sekali hak-hak yang dimiliki oleh setiap manusia, terutama hak untuk hidup dan mempertahankan hidup.

3. MIRIAM BUDIARJO

Menurut Miriam Budiarjo, HAM merupakan hak yang dimiliki manusia semenjak lahir ke dunia ini. Hak tersebut bersifat mengikat kepada siapapun, tanpa mengenal adanya perbedaan jenis kelamin dan juga SARA.

Manusia yang lahir dari negara yang miskin sekalipun, tetap memiliki HAM. Hal tersebut berarti bahwa manusia semiskin apapun bukan berarti boleh dijadikan budak. Perbudakan ini merupakan salah satu dari pelanggaran HAM yang banyak dipraktekkan pada zaman dahulu.

4. JACK DONNELY

Ahli yang satu ini mendefinisikan HAM sebagai hak-hak yang dimiliki manusia, karena ia menamakan diri manusia. Jadi setiap manusia yang hidup sudah memilikinya tanpa harus mendapatkan pengakuan atau diberikan oleh masyarakat.

HAM ini ada berkat martabat manusia. Maka dari itu, HAM perlu dijunjung tinggi dan tidak ada satu pihak pun yang dapat mengambil hak-hak tersebut dari manusia lainnya.


Sumber: https://hon.co.id/phantom-of-the-kill-apk/