Pemanfaatan Cahaya

Pemanfaatan Cahaya

Pemanfaatan Cahaya

  • Manfaat cahaya matahari bagi kehidupan sehari-hari

Cahaya sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Matahari adalah sumber cahaya utama di Bumi. Beberapa manfaat cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari :

  • Panas matahari juga dapat mengeringkan makanan dan pakaian.
  • Di pesisir pantai, petani garam memanfaatkan panas matahari. Panas matahari dimanfaatkan untuk menguapkan air laut. Air laut diuapkan menghasilkan garam.
  • Panas matahari atau cahaya matahari juga dimamfaatkan dalam proses pemanasan air. Alat ini mengubah energi panas menjadi energi listrik.

  • Cahaya matahari menjadikan bumi terang.
  • Cahaya juga dapat dimanfaatkan untuk pemanasan dan pendinginan ruang menjadikan udara di dalam ruang mengalir deras disebabkan perbedaan tekanan udara yang membuat suasana di dalam ruang sejuk dan sehat. Beberapa negara bahkan menggunakan unsur cahaya sebagai pembangkit tenaga listrik, sama seperti halnya penggunaan tenaga air.

  • Manfaat cahaya matahari bagi tubuh

Cahaya adalah salah satu sumber energi kreatif paling ampuh, bahkan cahaya matahari yang terang langsung memiliki kaitan biologis dengan tubuh dan pikiran. Inilah beberapa keuntungan dari cahaya matahari terhadap tumbuhan, apalagi manusia :


  • Cahaya merupakan Faktor esensial pertumbuhan dan perkembangan
  • Cahaya memegang peranan penting dalam proses fisiologis tanaman, terutama fotosintesis, respirasi, dan transpirasi
  • Fotosintesis adalah sebagai sumber energi bagi reaksi cahaya, fotolisis air menghasilkan daya asimilasi
  • Cahaya matahari ditangkap daun sebagai foton. Tidak semua radiasi matahari mampu diserap tanaman, cahaya tampak, dg panjang gelombang 400 s/d 700 nm.
  • Cahaya yang diserap daun 1-5% untuk fotosintesis, 75-85% untuk memanaskan daun dan transpirasi.
  • Peranan cahaya dalam respirasi, fotorespirasi, menaikkan suhu.

Dalam the light book, penulis medis Lane Hyman membuktikan bahwa cahaya matahari tidak hanya mengatur irama harian berulang, yang menentukan siklus tidur-bangun tubuh, tetapi juga amat berpengaruh juga pada selera makan, suasana hati, daya sembuh, produktifitas, bahkan hasrat seksual. Bukti kuat adanya kaitan antara cahaya dan tubuh adalah orang-orang yang hidup di daerah paling utara, yang hari-hari musim dinginnya panjang dan sinar matahari sedikit, sering menderita gejala seasonal affectif disorder (SAD),


suatu penyakit yang membuat suasana hati mudah berubah, menyebabkan kelesuan, hilangnya konsentrasi dan kemampuan berpikir, sikap menutup diri serta depresi. Perubahan jumlah sinar matahari yang anda alami selamaberpergian juga menjadi faktor penting dalam jet lag gangguan fisik yang diderita sesudah penerbangan jarak jauh) baru-baru ini penelitian yang di lakukan Rocki Mountain Institute menunjukan bahwa peningkatan sinar matahari menurunkan jumalah kesalahan dan jumlah pekerja yang absen.


Kaitan antara cahaya dan energi lahir dan batin ditimbulkan oleh pengaruh cahaya terhadap kelenjar pineal, penhasil hormon melatonin. Melatonin mempengaruhi kelenjar hipotalamus, yang merupakan pengatur irama siang-malam biologis tubuh. Karena sinar matahari menghambat aliran melatonin, yang mencapai titik tertinggi dalam gelap, para peneliti yakin bahwa melatonin berperan penting dalam mengatur kesiagaan dan kemampuan kerja fisik dan mental sebagaimana unsur kimiawi tubuh lain yang dipengaruhi oleh sinar mataharari.


Sumber: https://www.r9racinggeneration.co.id/rovercraft-apk/