ORGANISASI MAYA

ORGANISASI MAYA

Keberhasilan kantor maya memici para visioner untuk melihat bagaimana kantor maya dapat diperluas hingga berlaku bagi keseluruhan perusahaan_sebuah organisasi maya.Disebuah organisasi maya (virtual organization),operasi keseluruhan perusahaan dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi tidak terikat pada lokasi fisik.

Dampak Sosial Organisasi Maya

Industri-industri yg paling tertarik pada konsep kantor maya dan organisasi maya adalah industrri yg membeerikan nilai tambah dalam bentuk informasi,ide,dan kecerdasan(intelligence).Istilah ekonomi tiga 1(three 1 economy) diberikan untuk menjabarkan industry-industri seperti ini. Contohnya adalah bidang-bidang pendidikan,perawatan.kesehatan,hiburan,perjalanan,olahraga,dan konsultasi.Seiring dg semakin banyaknya  industri-industri yg tertarik dg kantor maya,perubahan yg terjadi mungkin akan mempengaruhi cara hampir semua orang hidup dan bekerja.Pengaruh ini akan jelas terlihat pada penampilan fisik dan fungsi dari kota-kota kita.Kantor maya dan organisai maya akan menurunkan permintaan gedung-gedung pencakar langit  dan transportasi,menjadikan kota kita lebih  tenang.

Agar hal seperti ini dapat terjadi setiap orang harus dapat berpartisipasi.Pekerja di semua tingkatan harus tertarik pada pekerjaan-pekerjaan  di Ekonomi Tiga I dan memiliki pengetahuan dan keahlian yg dibutuhkan untuk berhasil.Tingkat kompetensi yg tinggi seperti ini membutuhkan dedikasi dari pihak lembaga-lembaga pendidikan maupun pemerintah di semua tingkatan untuk mendorong  dan memfasilitasi  terjadinya perubahan.

Dewasa ini,hampir seluruh aktivitas perusahaan mencakup lebih banyak informasi,ide,dan kecerdasan dibandingkan dg masa lalu .karenanya,universitas-universitas dan SMA secara rutin memasukkan pengetahuan informasi dan pengetahuan computer ke dalam program-programnya.Teknologi informasi dan sistem informasi terjalin kedalam suatu proses-proses bisnis.

  1. MENEMPATKAN PENGGUNA SISTEM DAN SPESIALIS INFORMASI PADA PERSPEKTIF

Unsur manusia terus menjadi salah satu bahan paling penting dalam pengembangan dan penggunaan sistem informasi. Para pemain utama adalah pengguna dan spesialis informasi. Kedua kelompok tersebut membentuk tim pengembangan.

 Pengembangan sistem pada awalnya dilakukan sepenuhnya oleh spesialis informasi. Namun, lama kelamaan pengguna telah memainkan peranan yang semakin penting. Sampai ke suatu titik ekstrem, pengguna dapat melakukan seluruh pekerjaan pengembangan.

Tidak hanya pekerjaan pengembangan saja yang berubah, keadaan dimana pekerjaan dilaksanakan juga ikut mengalami pekerjaan. Organisasi tidak lagi berbentuk fisik, yang mengharuskan pekerjaan dan pekerja berada pada suatu lokasi fisik. Jaringan komunikasi elektronik memungkinkan perusahaan mencapai suatu organisasi maya, dimana pekerjaan dapat dilakukan di hampir semua tempat.

Sumber: https://carbomark.org/