Mobil Matic Bekas Menerabas Banjir, Apa Oli Transmisinya Diganti?

Ketika banjir menerjang ketika Anda sedang mengerjakan perjalanan, maka yang bisa Anda lakukan ialah menerabasnya atau meninggalkan mobil Anda. Lalu bagaimana andai mobil yang kita gunakan ialah mobil matik bekas? Apakah unsur sistem transmisinya tidak akan bobrok saat terendam banjir?

Seperti diketahui, ketika menerabas banjir, air dapat saja masuk dan bercampur dengan oli transmisi. Jika urusan ini terjadi, tentunya bakal merusak semua komponen pada sistem transmisi matiknya.

Lalu apakah oli transmisi matik yang sudah tercampur dengan air itu wajib diganti dengan oli yang baru?

Menjawab urusan ini, Supriyanto yang adalahsalah satu teknisi dari bengkel spesialis perbaikan transmisi, Rizki Auto menuliskan bahwa tidak seluruhnya mobil matik bekas butuh diganti oli transmisinya.

Berdasarkan keterangan dari Supri, memang benar bahwa air bakal dengan gampang masuk ke dalam sistem transmisi matik dan bakal langsung tercampur dengan oli. Karena tersebut menurutnya, saat mobil matik bekas Anda hendak melewati genangan air banjir, maka usahakan menyimak terlebih dahulu ketinggiannya.

“Saat akan melalui genangan air banjir, usahakan simaklah dulu elevasi airnya,” ucap Supri.

“Jika memang mesti melalui genangan air banjir, sebetulnya tidak mesti tidak jarang kali mengubah oli transmisi matik kok,” ucap Supri lagi.

Berdasarkan keterangan dari Supri, setelah melalui genangan air banjir, usahakan empunya mobil matic bekas segera mengerjakan pengecekan terhadap volume oli transmisi matiknya melewati stik yang seringkali digunakan untuk mengerjakan pengecekan volume oli.

Jika oli dalam situasi baik-baik saja, maka tidak perlu dilaksanakan penggantian.

“Jika pada sistem transmisi CVT, tidak terdapat stik untuk mengerjakan pengecekan oli transmisi, maka usahakan kita segera membawa mobil bekas matik kita ke bengkel guna segera dilaksanakan pengecekan, apakah air masuk ke dalam oli transmisi matik ataukah tidak,” cerah Supri lagi.

Jika firasat oli transmisi matik sudah tercampur dengan air sudah Anda temukan, maka segeralah mengubah oli transmisi matik mobil kita dengan yang baru. Sebab, oli transmisi matik yang sudah tercampur ini bakal dapat merusak semua komponen sistem transmisi mobil matik bekas Anda. Sumber : https://t.co/w9uD0jSPEA