Laporan Aliran Kas

Laporan Aliran Kas

Laporan aliran kas bertujuan memberikan informasi mengenai penerimaan dan pembayaran kas perusahaan selama periode tertentu. Tujuan lain laporan aliran kas adalah memberikan informasi mengenai efek kas dari kegiatan investasi, pendanaan, dan operasi perusahaan selama periode tertentu. Laporan aliran kas apabila digabungkan bersama laporan keuangan lainnya, akan membantu menganalisis:

1)      Kemampuan perusahaan menghasilkan aliran kas masa mendatang yang positif.

2)      Kemampuan perusahaan memenuhi kewajibannya dan membayar dividen.

3)      Kebutuhan perusahaaan akan dana eksternal.

4)      Alasan terjadinya perbedaan antara laba bersih perusahaan dengan penerimaan dan pengeluaran kasnya.

5)      Aspek kas dan non-kas dari transaksi investasi dan pendanaan selama periode tertentu.

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Laporan keuangan memberikan data yang diperlukan, tetapi diperlukan analisis agar informasi yang lebih mendalam dapat digali. Ada banyak teknik analisis yang dapat digunakan dalam analisis keuangan, yang dapat dilihat pada buku Manajemen Keuangan atau Analisis Keuangan.

  1. Analisis Rasio

Analisis rasio keuangan mempunyai tujuan menghilangkan bias dalam evaluasi prestasi keuangan organisasi. Ada lima kelompok analisis keuangan:

1)      Rasio likuiditas. Rasio ini ingin mengukur kemampuan organisasi memenuhi kewajiban jangka pendeknya, yaitu kewajiban yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun atau kurang.

2)      Rasio solvabilitas. Rasio ini ingin melihat kemampuan organisasi memenuhi kewajiban jangka panjangnya, yaitu kewajiban yang jatuh tempo lebih dari satu tahun.

3)      Rasio aktivitas. Rasio ini mengukur efektivitas penggunaan sumberdaya organisasi. Beberapa sumberdaya yang diukur efektivitasnya  adalah piutang, aktiva tetap, atau aktiva total.

4)      Rasio profitabilitas. Rasio ini mengukur kemampuan organisasi  menghasilkan provit (keuntungan) berdasarkan aset, modal saham atau faktor lainnya.

5)      Rasio pasar. Rasio pasar relevan untuk perusahaan yang sudah go-public (menjual sahamnya ke masyarakat melalui pasar modal).

Sumber: https://swatproject.org/xiaomi-hadirkan-program-tukar-tambah-di-india/