Kesimpulan

 Kesimpulan

Berdoa bukan berarti membutuhkan Tuhan ataupun tidak membutuhkan Tuhan, akan tetapi berdoa itu memuliakanNya, mencurahkan seluruh isi hati kepadaNya dan mendengarkan petunjuk Allah agar tetap setia pada panggilan. Orang beriman harus berdoa dengan tekun dan rajin, tanpa membutuhkan permintaan dari Tuhan untuk doanya selalu dikabulkan, tetapi berdoa dengan tulus iklhas untuk menjadi hidup yang rohani. Doa mengarahkan hati kepada Allah untuk beserah kepadanya, tanpa adanya pujian dari seseorang, berdoa terlalu bertele-tele dan berharap doanya selalu dikabulkan, itu berarti membutuhkan Tuhan saja.

Doa tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan semua orang pasti membutuhkan Tuhan tentunya dengan berdoa. Bedoa adalah sumber dari segala kekuatan dalam diri semua orang. Dalam kehidupan orang Kristen sendiri doa merupakan kesatuan yang lebih dengan Allah dan ungkapan rindu terhadap Allah. Doa juga tidak menuntut orang tersebut harus selalu berdoa. Berdoa tidak teratur juga tidak membuahkan dosa, namun perlu diketahui berdoa untuk kedamaian diri sendiri dan sesama.

Hidup panggilan bagi calon Imam

Sebagai calon imam berdoa sangat penting untuk memperkuat panggilan. Panggilan tidak diiringi dengan doa akan mendapatkan godaaan-godaan yang terus menghantuiya. Panggilan harus diiringi dengan doa agar panggilannya berjalan dengan lancar sampai yang diinginkan dan dicita-citakan menjadi seorang imam.

Berdoa bagi seorang calon imam bukan berarti membutuhkan Tuhan ataupun tidak membutuhkan Tuhan. Ketika susah membutuhkan Tuhan. Misalnya: adanya ulangan, menurunnya panggilan dan adanya godaan dari luar , terkadang calon imam itu berdoa ketika mendapatkan masalah dan pastinya membutuhkan Tuhan. Ketika tidak ada masalah tidak membutuhkan Tuhan.misalnya: nilai ulangan baik dan tidak ada masalah dalam kehidupan di komunitas, terkadang calon imam tidak berdoa ketika tidak membutuhkan Tuhan. Kita harus selalu berdoa dalam keadaaan apapaun yang kita alami meskipun keadaan tersebut membuat kita senang, sedih, gembira, dan gelisah

 

Recent Posts