Ciri Khas Kurikulum Pendidikan Islam

  Ciri Khas Kurikulum Pendidikan Islam

Ciri-ciri kurikulum pendidikan islam

Menurut Al-Shaibani,ciri-ciri kurikulum pendidikan islam,dapat dijabarkan sebagai berikut.

  1. Kurikulum Pendidikan islam harus mewujudkan tujuan pendidikannya,materi pelajarannya,kepada pelajaran agama dan akhlak harus diambil dari al-qur’an dan al-hadith serta contoh-contoh suri teladan dari tokoh-tokoh terdahulu yang baik.
  2. Kurikulum pendidikan islam sangat memperhatikan pengembangan menyeluruh tentang aspek pribadi siswa,yaitu dari segi intelektual, psikologis,social dan spiritual.
  3. Kurikulum pendidikan islam memperhatian keseimbangan antara pribadi dan masyarakat, dunia dan akhirat, jasmani, akal dan rohani manusia. Keseimbangan itu tentunya bersifat relative karena tidak dapat diukur secara objektif
  4. Kurikulum pendidikan islam juga memperhatikan seni halus, yaitu seni ukir, pahat, tulis indah, gambar dan sejenisnya. Selain itu,juga memperhatikan pendidikan jasmani ,latihan militer ,teknik ketrampilan ,latihan kejurusan dan pertukangan,dan bahasa asing. Sekalipun kesemua ini diberikan kepada perseorangan secara efektif berdasarkan bakat,minat,dan kebutuhan.
  5. Kurikulum pendidikan islam juga memperhatikan perbedaan-perbedaan keudayaan di tengah masyarakat,baik itu kaitannya dengan kebutuhan dan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat,keluwesan,serta menerima perkembangan dan perubahan. Kurikulum pendidikan islam juga memiliki sifat keserasian dalam mata pelajaran sesuai dengan perubahan dan tuntutan zaman.[6]

https://bobhenneman.info/modern-conflict-2-apk/