Ciri ciri kucing hamil

Ciri ciri kucing hamil

Ciri ciri kucing hamil

1. Perubahan bagian ASI

Tanda yang pertama secara fisik pada ciri kucing hamil adalah perubahan bagian ASI mereka. Diperkirakan pada waktu 3 minggu, bagian ini akan menjadi semakin gelap dan terjadi pembesaran.

 

Sepanjang fase ini biasanya ada susu yang mungkin keluar dari ujung ASI walau saat itu mereka belum siap memproduksi secara alamiah sampai kelahiran anak kucing.

 

2. Sering muntah dan mual

 

Perilaku kucing betina yang memasuki masa kehamilan, perilaku mereka menjadi berubah dengan sering muntah dan mual. Meski sikap mual dan muntah kucing betina tidak sering terjadi dibandingkan dengan wanita hamil. Namun pada waktu tertentu akan semakin menjadi-jadi.

 

Untuk memastikan kondisi kesehatan kucing tersebut, bawalah ke dokter hewan untuk memeriksa keadaannya. Apakah muntah dan mual karena hamil atau masalah penyakit ?

 

3. Perut membesar

 

Ciri-ciri lain ketika kucing betina sedang hamil adalah perubahan fisik perutnya menjadi besar. Untuk mengenali tanda ini, biasanya sudah terlihat antara 30 hari sejak kehamilan mereka.

 

Salah satu tanda fisik yang paling terlihat pada mereka adalah berat badan semakin berat karena kemungkinan ada 2 hingga 4 ekor calon bayi didalam perut induk.

 

4. Mencari tempat aman

 

Tanda yang menjadi ciri kucing hamil lain adalah perubahan sikap mereka mulai mencari tempat yang menurutnya aman. Beberapa tempat yang dinilai induk kucing lebih aman, biasanya akan memilih lokasi yang tenang, tidak berisik dan sulit terjangkau hewan lain.

 

5. Aktivitas harian berbeda

Untuk meyakinkan majikan mendeteksi hewan peliharaan hamil atau tidak, yakni melihat aktivitas harian. Pada kucing betina yang sedang hamil, biasanya sikap menjadi keibuan dan menjadi semakin manja dengan pemiliknya.
Beberapa kebiasaan lain yang bisa dijadikan ciri adalah jam tidur mereka. Induk kucing sedang hamil maka jam tidurnya semakin sering dilakukan atau mudah mendengkur.