Cahaya Surga di Gua Jomblang

Cahaya Surga di Gua JomblangCahaya Surga di Gua Jomblang

Tempat wisata di Yogyakarta ke tiga belas yang masih berlokasi tak jauh dari Jogja bagian selatan adalah gua tersembunyi bernama Gua Jomblang. Berada diantara daerah karst Gunung Kidul, goa vertikal ini paling baik dikunjungi saat matahari sedang di puncak kepala, atau sekitar pukul 10-12 siang. Dengan begitu, seketika Anda di dalam gua, Anda akan disuguhi cahaya terang yang masuk ke dalam goa melaui celah gua tempat Anda masuk. “Cahaya surga” ini sangat indah. Belum dengan vegetasi khas dalam gua yang berusia purba, semakin membuat penjelajahan Anda semakin berkesan.

Berenang di Curug Indah Tegalrejo

Jika Air Terjun Sri Gethuk hanya bisa Anda nikmati pemandangannya saja, maka jiaka berkunjung ke Curug Indah Tegalrejo ini Anda bisa menikmati air terjun dan curugnya dengan berenang sesuka hati! Letaknya ada di Tegalrejo, Gunung Kidul, berbatasan langsung dengan daerah Bayat, Klaten, jawa Tengah. Surga tersembunyi ini juga tanpa biaya masuk alias gratis, hanya perlu membayar biaya parkir saja. Namun hati-hati jika ingin terjun ke curug, sebab curug tersebut cukup dangkal.

Harta Benda Korban Erupsi Merapi Di Museum Sisa Hartaku

Masyarakat Jogja adalah masyarakat yang akrab dengan bencana. Ini dikarenakan letaknya yang berada di antara gunung Merapi yang masih aktif di sebelah utara, dan pantai selatan yang rawan tsunami di sebelah selatan. Lokasi bencana erupsi Merapi di tahun 2010 lalu sekarang disulap menjadi kawasan wisata Jogja yang menarik sebab disini Anda bisa melihat berbagai benda korban erupsi Merapi yang mengerikan itu. Ada bangkai motor, tulang belulang bangkai sapi, sampai gamelan yang terbakar juga ada. Lokasi tempat wisata di Jogja ini ada Museum Sisa Hartaku yang dibuat oleh Pak Riyanto di Desa Kepulharjo, Sleman, DIY.

Tempat Romantis Di Bukit Parangndog

Setelah agak tegang, saatnya Anda menurunkan tensi dengan mengajak orang tercinta ke sebuah tempat romantis di selatan Jogja: Bukit Parangdog. Jalurnya sama dengan jalur menuju pantai Parangtritis, namun Anda mesti berbelok ke timur menuju jalan agak terjal dan berbelok-belok hingga Anda menemukan bukit romantis itu. Tempat wisata di Jogja biasa dipakai sebagai landasan pacu paralayang. Pemandangan dari tempat ini luar biasa bagus. Anda bisa memandang pantai Parangtritis sampai Parangkusumo dari ketinggian. Laut lepas ada di depan mata kita, menghampar luas sampai ufuk yang memerah jika kita disana saat sore tiba.

Tempat Wisata Belanja di Pasar Beringharjo

Referensi belanja Anda saat mengunjungi tempat wisata di Jogja barangkali langsung tertuju ke Pasar Beringharjo. Nah, sebenarnya ada tempat lain untuk memuaskan hasrat belanja Anda. Namanya adalah Sunmor atau Sunday Morning. Sunmor adalah sejenis pasar tumpah yang hanya akan Anda temukan di Hari Minggu di sekitaran Universitas Gadjah Mada (UGM). Pasar Beringharjo Jogjakarta ini cocok untuk menemani pagi Anda di Jogja. Setelah menghirup udara segar sambil berjalan-jalan menikmati udara pagi atau sambil jogging, Anda bisa sekaligus mampir ke pasar dadakan dengan beragam barang yang menarik hati. Pakaian? Ada. Jajanan khas? Banyak. Aksesoris? Tersedia. Sepatu? Tas? Tinggal pilih saja. Di Sunday Morning ini adalah surga belanja para mahasiswa sebab selain keberagaman yang dijual namun harga yang ditawarkan juga murah meriah.

Jika malamnya Anda berjalan-jalan ke alun-alun utara dan menemukan keramaian, maka Anda wajib mampir sebab keramaian itu adalah tanda bahwa sedang ada Sekaten! Sekaten adalah semacam pasar malam dengan suasana merakyat yang kental. Di tempat wisata malam di Jogja ini selain Anda bisa menemui barang apa saja layaknya pasar malam di tempat lain, berbagai wahana permainan juga bisa Anda coba. Makanan-minuman khas Jogja juga akan mudah Anda temui. Dan tentu saja, karena Anda sedang di tempat yang terkenal bebriaya hidup murah, harganya amat cocok di kantong. Yuk berkunjung ke tempat ini.


Sumber: https://gurupendidikan.org/