Beragam Manfaat Meminum Madu

Nutrisi Dalam Madu

Madu telah digunakan sebagai pengobatan alternatif dan makanan sehari-hari secara turun-temurun. Ada alasan mengapa madu dipercaya memiliki efek positif bagi tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang dihasilkan lebah sebenarnya sangat baik untuk tubuh karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting.

Vitamin dan makanan yang ditemukan pada manusia meliputi:

Kalori
Vitamin B.
Kalsium
tembaga
Besi
Seng
roti gula
Antioksidan (flavonoid)

Manfaat Meminum Madu

manfaat madu 2

1. Sumber energi

Manfaat madu yang pertama sebagai sumber energi fisik. Ya, mengonsumsi madu pagi sebelum beraktifitas diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memfasilitasi aktivitas yang diinginkan.

Konon, banyaknya glukosa dalam madu karena selain gula, makanan ini bisa dijadikan sumber energi alternatif. Untuk sarapan pagi, madu bisa dicampur dengan teh atau dioleskan pada roti untuk dimakan.

2. Antibakteri dan antijamur

Madu juga dikatakan sebagai agen antibakteri alami. Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Microbiology and Infectious Diseases menunjukkan bahwa kekurangan madu efektif dalam melawan Clostridium difficile, yang menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti diare. Jenis bakteri lain yang dapat diobati dengan madu meliputi:

Helicobacter pylori
Staphylococcus aureus
Selain sifat antibakterinya, madu manuka juga merupakan agen antijamur. Ini karena madu mengandung hidrogen peroksida, yang dikatakan efektif melawan penyakit jamur.

3. Mengatasi batuk dan radang tenggorokan

Manfaat madu lainnya adalah untuk pengobatan batuk dan radang tenggorokan. Studi menunjukkan bahwa efek madu dalam mengatasi batuk dan sakit tenggorokan bahkan lebih baik daripada bahan kimia yang digunakan untuk mengobati batuknya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan madu sebagai obat batuk.

4. Periksa kadar gula darah Anda

Madu mengandung gula, tetapi bila dikonsumsi dengan benar, ternyata tidak meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dan menyebabkan diabetes. Tentu, madu umumnya lebih aman daripada gula, jadi jika Anda menderita diabetes atau ingin mencegah penyakit mematikan ini, gunakan madu sebagai pemanis daripada gula biasa. Ini direkomendasikan

5. Mencegah penyakit jantung

Manfaat madu yang tidak terduga adalah dapat mencegah atau setidaknya meminimalkan penyakit jantung. Ya, penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidannya membantu menurunkan tekanan darah. Seperti diketahui, tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan salah satu pemicu utama penyakit jantung.

6. Penyembuhan luka

Penelitian lain menunjukkan bahwa madu dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi luka kulit. Studi ini mengklaim bahwa zat pada manusia dapat mengobati cedera seperti luka bakar, kecelakaan dan cedera pasca operasi. Sifat antibakterinya dapat mencegah infeksi luka.

7. Memenangkan mabuk

studi yang dilakukan tim peneliti di NYU Linguistics Center menemukan bahwa meminum madu dapat meredakan gejala kekambuhan. Kondisi ini ditandai dengan pusing, mual dan kepekaan terhadap tubuh. Kondisi ini biasanya terjadi setelah seseorang mengonsumsi alkohol. Madu sekarang terlibat dalam oksidasi alkohol, sehingga gejala ini berkurang.

8- Memperkuat sistem kekebalan

yang sehat dan tidak sehat membutuhkan sistem kekebalan yang baik. Ini karena sistem kekebalan adalah garis serangan pertama tubuh. Salah satu cara alami yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda adalah dengan makan madu secara teratur. Khasiat madu ini sudah dibuktikan dalam banyak penelitian, sehingga efeknya hampir terjamin.

9. Mengatasi Irritable Bowel Syndrome

kasus saluran pencernaan, madu juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Salah satu masalah pencernaan yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi madu adalah Irritable Bowel Syndrome (IBS).

Menurut sebuah penelitian, lebah memiliki efek positif dalam mengatasi gangguan pencernaan ini. Selain itu, konsumsi madu mengatasi masalah pencernaan, seperti buang air besar yang parah (BAB) yang disebut juga sembelit.

10. Mengatasi diare

Masalah pencernaan lain yang bisa diobati dengan madu adalah diare. Sebuah penelitian terhadap 150 anak menemukan bahwa madu (bila diminum dengan obat antidiare lain) menyembuhkan diare lebih cepat.

Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh madu dengan 1 cangkir air hangat dan meminumnya setiap kali diare membaik. Tetapi pastikan untuk tidak berlebihan, karena itu sebenarnya memperburuk keadaan.

11- Mencegah kanker

Kedua, madu memiliki manfaat penting dalam mencegah kanker. Manfaat madu yang sesungguhnya dalam mencegah penyakit mematikan ini karena kandungan antioksidan di dalamnya.

Antioksidan madu mengobati sel somatik dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Seperti kita ketahui bersama, kanker membunuh kanker dengan menyerang radikal bebas.

12. Mengatasi mual pada ibu hamil

Morning sickness bisa terjadi pada wanita hamil. Penyakit ini ditandai dengan gejala seperti mual dan muntah. Salah satu cara alami untuk meredakan gejala mual adalah dengan mengonsumsi madu. Jika timbul gejala, segera larutkan 1 sendok makan madu secara langsung atau dalam segelas air hangat dan segera minum.

13. Mengatasi GERD

Studi terbaru juga menunjukkan bahwa madu membantu meredakan refluks asam lambung dan yang biasa dikenal sebagai GERD. Sakit perut ini pasti yang dialami kebanyakan orang. Badan dan mual adalah dua gejala utama yang dialami pasien.

14. Manajemen kesehatan dan fungsi otak

Kehadiran zat antioksidan dan anti inflamasi menciptakan khasiat madu untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa madu dapat mencegah kerusakan otak. Efektivitas madu ini baru diuji pada tikus, tetapi konsumsi terus menerus tidak mengganggu kesehatan otak dan memastikan fungsinya yang tepat.

15- Meningkatkan kesehatan organ reproduksi

Madu dalam bentuk susu lebah terbukti memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi. Pada wanita, madu dikatakan dapat mengurangi gejala sindrom pramenstruasi (PMS) dan menopause dini.

Di sisi lain, dikatakan bahwa zat pada pria meningkatkan kualitas dan kuantitas air mani pria. Sayangnya, penelitian masih terfokus pada hewan. Tes tambahan diperlukan untuk kemanjuran manusia.