Azas Ketahanan Nasional Indonesia

Azas Ketahanan Nasional Indonesia

Azas Ketahanan Nasional Indonesia

Asas pertahanan nasional Indonesia adalah kode etik yang didasarkan pada nilai-nilai hukum yang diatur dalam Pancasila, UUD 1945, dan persepsi nasional yang terdiri dari :


  • Asas kesejahteraan dan keamanan

Kesejahteraan dan keamanan merupakan kebutuhan dasar dan penting bagi manusia secara individu maupun kelompok dalam masyarakat, bangsa dan negara. Karena kesejahteraan dan keamanan menjadi prinsip dalam sistem kehidupan nasional dan nilai intrinsiknya.


Pada kenyataannya, kesejahteraan menjadi titik fokus tapi dengan tidak mengabaikan keamanan, dan sebaliknya. Oleh karena itu keduanya harus sama-sama tidak boleh diabaikan dan tetap diperlukan dalam keadaan apapun, karena mereka adalah parameter untuk tingkat keamanan nasional suatu bangsa dan negara.

Untuk mencapai keamanan dan kemakmuran suatu negara harus memiliki lembaga-lembaga keamanan dan kesejahteraan. Untuk memastikan keamanan nasional digunakan adalah :


  • Menggunakan diplomasi untuk mengisolasi ancaman;
  • Menggunakan kekuatan ekonomi untuk bekerja sama;
  • Menggunakan layanan intelijen untuk mendeteksi ancaman dan melindungi rahasia negara;
  • Menjaga angkatan bersenjata yang efektif;
  • Melakukan pertahanan sipil;
  • Menjaga kebudayaan nasional.

  • Asas Komprehensif Integhral terpadu atau Komprehensif

Sistem kehidupan Nasonal mencakup semua aspek kehidupan bangsa secara keseluruhan dan sistematis dalam perwujudan persatuan dan kesatuan dari aspek dari seluruh harus seimbang, harmonis dan selaras kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, studi ketahanan ketahanan nasional mencakup semua aspek kehidupan bangsa secara keseluruhan, menyeluruh dan komprehensif terpadu atau integral.


  • Asas mawas ke dalam dan mawas ke luar

Sistem kehidupan nasional merupakan perpaduan antara aspek interaksi kehidupan nasional. Sistem kehidupan nasional juga berinteraksi dengan lingkungan eksternal, terutama dengan lingkungan di sekitarnya. Karena setiap proses interaksi pasti akan timbul berbagai efek, baik efek baik dan buruk bagi kehidupan bangsa itu sendiri. Untuk itu kita membutuhkan wawasan sikap dan introspektif keluar.


  • Mawas Kedalam

Yang dimaksud dengan Mawas ke dalam ialah suatu sikap waspada atau berhati-hati dengan situasi negara yang tidak diinginkan dalam sebuah bangsa dan negara. Mawas ke dalam tujuannya untuk menjaga kondisi kehidupan nasional dari efek negatif yang berasal dari aspek lingkungan di negara ini.


Juga untuk menumbuhkan sifat, sifat dan kondisi kehidupan nasional itu sendiri didasarkan pada nilai-nilai kemandirian untuk meningkatkan kualitas derajat kemandirian bangsa. Tetapi tidak mengandung sikap isolasi atau nasionalisme sempit atau tertutup.


Sumber: https://bankpundi.co.id/draw-a-stickman-apk/