Aspek teknis-ekonomis

 Aspek teknis-ekonomis

Berdasarkan hasil observasi, ada aspek teknis-ekonomis yang tak kalah penting diantaranya:

ü  Biaya transportasi

Biaya ini menyangkut transportasi, baik itu dari lokasi usaha dengan tempat penyedia bahan baku, tempat produksi dan tempat pemasaran.

ü  Sarana jalan

Sarana jalan tidak kalah penting. Bila aspek ini tidak diperhatikan, terkadang dapat menaikan biaya pemasaran atau biaya pengangkut-an sehingga akan terjadi penambahan biaya operasional. Tidak jarang Turmudi harus menanggung biaya yang buncit di karenakan sarana jalan di sendang biru banyak yang berlubang.

ü  Sarana listrik dan irigasi

Listrik sangat diperlukan dalam menjalakan usaha Turmudi. Selain untuk sarana penerangan, listrik diperlukan untuk menjalankan sarana elektronik lain, seperti pompa dan blower. Semenara sarana irigasi mutlak di perlukan, mengingat lokasi tipe usaha Turmudi banyak menggunakan air, terutama pada saat perebusan dan penuncian ikan.

ü  Aspek iklim

Aspek iklim mempengaruhi keberhasilan usaha perikanan. Umumnya bisnis perikanan tergantung dengan faktor alam, dalam usaha Turmudi, curah hujan yang tinggi dapat membuat kualitas ikan pindang-nya rusak pada saat pengangkutan ke pasar.

ü  Aspek agronomis

Cakupan aspek agronomis antara lain topografi, lokasi, jenis tanah, dan kondisi tanah, serta jenis perairan yang berada di lokasi usaha.

 

Recent Posts