Aspek Geografi

Aspek Geografi

Untuk melakukan studi tentang berbagai aspek kehidupan dalam geografi maka harus dipelajari aspek-aspek secara geografi, yaitu pertanian, indusrti, permukiman, transportasi dan komunikasi, serta sumber daya.

Aspek Geografi

  1. Aspek Pertanian

Berdasarkan tinjauan studi geografi, pertanian sebagai suatu sistem keruangan merupakan perpaduan subsistem fisis dengan subsistem manusia. Subsistem fisis, meliputi komponen-komponen tanah, iklim, hidrografi, topografi dengan segala proses alamiahny. Subsistem manusia meliputi tenaga kerja, kemampuan teknologi, tradisi, dan kemampuan ekonomi.Berikut ini kita akan mengkaji asosiasi berbagai variable pertanian dan diferensi pertanian.

ü  Pengkajian Asosiasi Variabe-Variabel Pertanian

Untuk menelaah hubungan dua variable pertanian, misalnya hubungan antara penggunaan pupuk per satuan luas dengan produktifitas pertanian atau antara produktivitas tersebut dengan jarak dari saluran utama pengairan setempat, kita dapat menganalisisnya.

ü  Pengkajian Diferensi Areal Pertanian

Analisis keruangan sector pertanian dilakukan terhadap areal pertanian yang cukup luas.Dari areal atau region pertanian yang cukup luas dapat ditentukan perbedaan-perbedaan areal yang lebih kecilberdasarkan macam-masam subsistem.Misalnya, keadaan pengairannya, jenis tanahnya, kemampuan teknologi pertaniannya, dan jenis pertanian yang dikembangkannya.

  1. Aspek Industri

Industri dalam arti sempit adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi (manufacturing industry).Industri sebagai suatu sistem merupakan perpaduan subsistem fisis dengan subsistem manusia.Aspek industri tersebut terutama kepada interelasi keruangan komponen-komponennya dan kepada pengorganisasian ruang dalam mengembangkan industri tersebut.

sumber :

Major GUN 4.1.1 Apk + Mod (Unlimited Money) Android