3DmarkVantage P-score dan 3DMark11 P-Score

3DmarkVantage P-score dan 3DMark11 P-Score

3DmarkVantage P-score dan 3DMark11 P-Score
3DmarkVantage P-score dan 3DMark11 P-Score

Target Benchmark : 3DmarkVantage P-score dan 3DMark11 P-Score

Tadinya percobaan ini untuk menguji di game-game terbaru, Battlefield 3 misalnya, tapi akhirnya sistem seperti ini punya tujuan yang lebih tepat, mencetak record-breaking score pada benchmark 3D! Maka dari itu kita lihat sistem ini apa sekuat-kuatnya untuk mencapai hasil semaksimal mungkin.

CPU ini sangat tersiksa mengingat ada 4 VGA terpasang PCIe Controllernya , dan ini menyebabkan pencapaian clock 5 Ghz tidak dimungkinkan. Akhirnya menggunakan ‘Chiller mod’ pada Liquid Cooling lain. Tidak terlalu sulit, intinya kita hanya menempelkan sebuah LN2 Container (pot) untuk RAM pada radiator watercooling lain, tepat di bagian selang inlet/oulet, menuang LN2 pada pot tersebut, dan membuat suhu reservoir watercooling lain berada di suhu 9 C. Di BIOS saat idle, CPU kami menunjukkan temperatur sekitar 21 C. Ini termasuk dingin mengingat kita menggunakan VCore lebih dari 1.5V!

‘Chiller Mod’

Akhirnya dengan modifikasi ‘akal-akalan’ ini, kita bisa lihat hasil menyentuh clock 5 Ghz dengan stabil pada saat 4-way SLI dijalankan.Berikut result awal kami :

3DMarkVantage – P

3Dmark11 – P

Kesimpulan sementara

Seperti yang sudah kita duga, 4-way SLI di platform X79 menunjukkan performa MONSTER! Dan berhasil menyentuh P22000-an pada 3DMark11 dan P65000-an pada 3DMarkVantage, sungguh skor yang tidak bisa dianggap enteng. Skor tersebut merupakan skor tertinggi yang pernah di uji coba sampai saat ini!

Sayangnya, saat ingin melanjutkan test dengan seluruh sistem didinginkan secara extreme, stok Liquid Nitrogen kami sudah tinggal 3 liter. Untuk menjalankan setup ini lagi dengan semua CPU+ GPU di-LN2-kan, Dan membutuhkan setidaknya 50-60L, yang berarti, pengujian ini harus ditunda sejenak.

Masih banyak sekali yang harus dikaji dalam penggunaan setup 4-way SLI ini, dari konsumsi daya, performa pada game, dan tidak lupa juga skor maksimal yang bisa kita dapat setelah CPU dan semua GPU yang ada didinginkan dengan LN2.

Sumber : https://apartemenjogja.id/