Peserta Program Bawaslu Diumumkan Hari Ini

Peserta Program Bawaslu Diumumkan Hari Ini

Peserta Program Bawaslu Diumumkan Hari Ini
Peserta Program Bawaslu Diumumkan Hari Ini

Bawaslu melakukan tes wawancara pada 14 peserta yang dinyatakan lolos administrasi

program sekolah kader pengawasan partisipatif, Senin (16/9). Dari jumlah itu, 12 orang peserta merupakan mahasiswa, sementara dua orang peserta masyarakat umum.

Tiga peserta akan dipilih untuk selanjutnya langsung mengikuti program itu selama satu minggu. Sementara hasil tes wawancara akan diumumkan pada hari ini, Selasa (12/9).

”Tes seleksinya hanya melalui wawancara saja, kemungkinan besok (hari ini,red) secara langsung kami akan umumkan tiga kader yang terpilih untuk mengikuti sekolah kader pengawasan partisipatif,” ujar Ketua Bawaslu Kota Bekasi Tomy Suswanto, melalui sambungan selulernya kepada Radar Bekasi, Senin (16/9).

Tomy menjelaskan, materi wawancara ialah seputar organisasi, integritas,

dan kepemiluan. Tiga aspek ini akan menjadi penilaian Bawaslu dalam seleksi ini.

Menurutnya, kemampuan peserta dalam menjawab pertanyaan cukup baik. ”Menurut saya mereka menjawab dengan relatif jadi dikatakan menguasai tetapi tidak juga menguasai,” katanya.

Para peserta yang dinyatakan lulus hari ini akan mengikuti program itu selama tujuh hari. Tomy berharap, peserta mendapakan banyak ilmu dan pengalaman selama pelatihan program.

Dengan demikian dapat berkontribusi pada pesta demokrasi di masa mendatang.

”Selama 7 hari kader harus benar-benar bisa mengikuti proses pembelajaran sehingga setelah mengikuti pendidikan sekolah kader pemilu, kader terpilih bisa mensosialisasikan ilmu yang didapat kepada masyarakat tentunya dengan materi yang benar,” pungkasnya.

 

Baca Juga :