Gelar STEMS Expo, Membangun Keterampilan Siswa Hadapi Abad 21

Gelar STEMS Expo, Membangun Keterampilan Siswa Hadapi Abad 21

Gelar STEMS Expo, Membangun Keterampilan Siswa Hadapi Abad 21
Gelar STEMS Expo, Membangun Keterampilan Siswa Hadapi Abad 21

Sekolah Fatih Bilingual School Banda Aceh menggelar kegiatan Science, Technology,

Engineering, Mathematics, and Social Studies (STEMS) Expo pada hari Jumat-Sabtu, 25-26 Oktober 2019 di kawasan Lamlagang, Banda Aceh. Kegiatan itu merupakan pameran proyek percobaan (eksperimen) sederhana yang dibuat oleh para siswa SD, SMP, dan SMA Fatih Bilingual School dalam bidang science, technology, engineering, mathematics, dan social studies (STEMS).

“STEMS Expo mengajak siswa mengaplikasikan teori-teori pelajaran yang mereka dapatkan di kelas dalam kehidupan sehari-hari,” kata School Director Fatih Bilingual, Nurhadi Hafman dalam keterangan resminya, Senin (28/10/2019).

Dijelaskannya, persiapan proyek STEMS dilakukan cukup lama dan diintegrasikan

dalam proses pembelajaran di kelas. Para siswa diberikan timeline untuk menyelesaikan proyek STEMS yang mereka pilih secara berkelompok.

Baca Juga:

Siswa Indonesia Harumkan Nama Bangsa lewat Ajang Penelitian di Jepang
PKB Dorong Ada Kebijakan Serius Tingkatkan Literasi Siswa

Para siswa juga harus mengajukan proposal percobaan yang dipilih, mempresentasikan

di depan dewan guru, membuat video percobaan yang diunggah ke akun Youtube mereka, dan mempersiapkan stan STEMS Expo untuk dua hari acara, sebelum lolos dan ditampilkan untuk masyarakat.

Kegiatan yang dikunjungi tak kurang dari 5.000 orang ini meramaikan 100 stan (booth) proyek eksperimen sederhana yang ditampilkan para siswa. Pengunjung umumnya orang tua murid, alumni, guru, praktisi pendidikan, undangan, peserta seminar pendidikan, dan masyarakat sekitar.

“Program Fatih STEMS Expo ini untuk membangun Keterampilan Abad 21

(21st Century Skills) atau yang biasa disebut 4C, yaitu: collaboration, communication, critical thinking, dan creativity, selain belajar memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran,” jelasnya.

 

Sumber :

http://blog.isi-dps.ac.id/nyomanyudiawan/mixplorer-apk/