Selamatkan Tanganmu dari Kuman dengan 6 Langkah Cuci Tangan yang Benar!

Selamatkan Tanganmu dari Kuman dengan 6 Langkah Cuci Tangan yang Benar!

Selamatkan Tanganmu dari Kuman dengan 6 Langkah Cuci Tangan yang Benar!
Selamatkan Tanganmu dari Kuman dengan 6 Langkah Cuci Tangan yang Benar!

Di kelas, hari ini pak guru menjelaskan tentang diare. “Salah satu penyebab diare

adalah kuman yang masuk ke dalam tubuh kita,” terangnya. Salah seorang murid bertanya bagaimana kuman bisa masuk ke dalam tubuh manusia, dan pak guru pun menceritakannya. Ternyata, kuman bisa masuk dengan mudah ke dalam tubuh manusia melalui tangan! Sepanjang hari, tangan memegang benda-benda yang kotor. Kotoran itu bisa menyelip di kuku, atau terus menempel pada tangan. Manusia tidak memperhatikan hal ini, dan seringkali langsung makan sebelum mencuci tangan. Akhirnya, kuman terbawa masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang dimakan.

Pak Guru mengatakan setiap orang harus mencuci tangannya sebelum makan, agar terhindar dari bahaya kuman. Namun, asal menyiram tangan dengan air dan sabun saja tak cukup. Ada langkah-langkah tertentu dalam cuci tangan, agar seluruh bagian tangan bisa terhindar dari kuman. Bagian-bagian tangan yang perlu dijangkau saat cuci tangan yaitu telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, ruas jari dan ujung jari tangan. Gunakan sabun cuci tangan lalu bilas, dan jangan lupa keringkan tangan dengan handuk yang bersih. Selain itu, kuku harus rutin dipotong agar kuman tidak tinggal dan berkembang biak.

Penjelasan pak guru dalam komik literasi ‘Selamatkan Tanganmu dari Si Kuman Jahat,’

bertujuan untuk mengingatkan anak-anak pembaca bahwa kuman ada di sekitar manusia. Jika anak-anak tidak waspada dan menjaga kebersihan tangan, bakteri penyakit akan menyebar dengan cepat ke dalam tubuh anak. Komik literasi yang berbentuk digital ini mendeskripsikan langkah-langkah yang benar saat mencuci tangan.

Enam langkah mencuci tangan yang benar yaitu pertama, mempertemukan kedua telapak tangan dan menggosoknya. Kedua, meletakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dan sebaliknya. Ketiga, menangkupkan kedua telapak tangan dan menggosok sela-sela jari. Keempat, mengepalkan tangan dan membersihkan ruas-ruas jari. Kelima, membersihkan ibu jari kanan dan kiri. Keenam, memutar semua ujung jari tangan kanan pada telapak tangan kiri dan sebaliknya. Penjelasan-penjelasan tersebut dibuat tidak hanya dalam bentuk tulisan, tapi juga gambar. Sehingga anak-anak dapat lebih memahami langkah yang dimaksud dengan tepat.
komik literasi selamatkan tanganmu dari kuman jahat

Cover komik literasi ‘Selamatkan Tanganmu dari Si Kuman Jahat’

Nita, perwakilan komik Pendidikan.id menilai, sebagian besar masyarakat selama ini

masih kurang memperhatikan kebersihan seluruh bagian tangan saat mencuci tangan. “Orang biasanya hanya sekedar membuat tangan basah, terkena sabun dan selesai. Padahal, mencuci tangan ada langkahnya supaya semua bagian tangan terjangkau oleh sabun,” tangkasnya.

Menurut Nita, hal ini disebabkan karena masih kurangnya pengetahuan masyarakat terutama anak-anak tentang kebersihan tangan. “Belum banyak sekolah yang meyosialisasikan langkah cuci tangan yang benar pada siswa. Maka pendidikan.id berharap, komik ini bisa membantu sekolah untuk mengedukasi anak-anak tentang pentingnya cuci tangan dengan benar,” ungkap Nita.

 

Sumber :

http://ejurnal.plm.ac.id/index.php/Teknovasi/comment/view/110/1806/61524