Istimewa, Promosi Doktor Saefudin Dihadiri Rhoma Irama

Istimewa, Promosi Doktor Saefudin Dihadiri Rhoma Irama

Istimewa, Promosi Doktor Saefudin Dihadiri Rhoma Irama
Istimewa, Promosi Doktor Saefudin Dihadiri Rhoma Irama

Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sumsel H. Saefudin resmi

menyandang gelar doktor ke-91 dari Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang. Itu setelah Saefudin berhasil mempertahankan disertasi berjudul Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Lirik-Lirik Lagu Dangdut Rhoma Irama (Suatu Pendekatan Hermeunetika-Semiotika) pada Sidang Terbuka Promosi Doktor di Ruang Seminar Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang, Rabu (4/12) pagi.

Istimewanya, sidang promosi ini dihadiri langsung informan primer disertasi, yakni Rhoma Irama.

Sang Raja Dangdut sengaja datang ke Kota Palembang hanya untuk menghadiri Sidang Promosi Doktor Saefudin, yang merupakan Ketua Fans of Rhoma and Soneta (Forsa) Sumsel. Rhoma bahkan diberi kesempatan memberikan testimoni di hadapan para penguji dan undangan. Dalam kesempatan itu, Rhoma menceritakan sekelumit latar belakang mengapa dirinya banyak menciptakan lirik-lirik lagu bernuansa religius.

“Kenapa pada 13 Oktober 1973 saya mencanangkan Soneta is Voice of Moslem?

Itu dilatarbelakangi keresahan saya. Saat itu musik identik dengan drunk (minuman keras), tarkus sholat (meninggalkan solat), dan free sex (seks bebas). Kalau ada seniman yang mengerjakan sholat, maka dikatakan sok santri, tidak pantas jadi seniman. Begitu juga bila ada seniman yang tidak mabuk, tidak bercampur baur dengan wanita, maka dikatakan tidak pantas jadi seniman,” tutur Rhoma.

Dari situ, lanjut Rhoma, dirinya merasa resah. Dia lantas mengadukan keresahannya dalam doa. “Saat itu saya berdoa hampir di setiap sholat, ya Rabb seandainya bakat musikku ini memperlebar jalanku menuju neraka, tolong dicabut ya Allah. Namun seandainya musik ini dapat membawa kepada keridhoan-Mu, bimbinglah saya ya Allah. Inilah doa saya, kalau tidak saya tidak mau bermain musik,” beber Rhoma.

 

Sumber :

https://lakonlokal.id/