Penemuan benda-benda sederhana yang benar-benar berguna

Penemuan benda-benda sederhana yang benar-benar berguna

Manusia memerlukan begitu banyak peralatan untuk memudahkan hidup dan aktivitas kesehariannya. Saking terbiasanya, kebanyakan orang tidak memahami bahwa di balik kesederhanaan wujud atau desain peralatan yang mereka gunakan, terdapat kisah dan sejarah mengenai orang-orang hebat yang menemukannya. Berikut adalah 20 penemuan sederhana yang benar-benar berguna:

1. Tusuk Gigi

Tusuk gigi telah tersedia sebelum akan kehadiran manusia modern. Tengkorak gigi manusia Neanderthal dan Homo Sapiens telah membuktikan bukti-bukti pemanfaatan alat untuk menusuk gigi. Ini adalah alat tertua untuk membersihkan gigi. Mesin pembuat tusuk gigi pertama kali dikembangkan pada th. 1869 oleh Alessandro Franco, sesudah itu mesin serupa termasuk dipatenkan pada th. 1872 oleh Silas Noble dan J.P. Cooley.

2. Jarum Jahit

Jarum jahit telah digunakan selama ribuan tahun. Penggalian yang dilaksanakan di kepulauan Oland, di Alby, Swedia mengungkap bahwa jarum yang terbuat dari tulang telah digunakan sejak 6000 th. SM. Bahkan jarum yang terbuat dari gading termasuk telah ditemukan di Kostenki, Rusia yang telah berusia 30,000 tahun.

3. Sisir

Sisir adalah keliru satu alat tertua yang dulu ditemukan oleh para arkeolog, yaitu kurang lebih 5000 th. selanjutnya di Persia.

4. Kancing

Kancing dari cangkang kerang telah dikenal sebagai ornament di Peradaban Lembah Indus pada th. 2000 SM.

5. Peniti

Peniti awal mulanya berasal dari Mycenaeans sejak abad ke-14 sebelum akan masehi, dikenal bersama dengan namafibulae. Peniti diciptakan kembali pada th. 1849 oleh Walter Hunt, seorang penemu asal Amerika.

6. Sedotan

Sedotan pertama digunakan oleh kaum Sumeria (sekitar 3.500-2.300 th. SM) yang merupakan keliru satu peradaban kuno di Timur Tengah. Sedotan modern ditemukan oleh seorang pemilik pabrik kertas rokok berkebangsaan Amerika bernama Marvin C Stone. Penemuannya itu dipatenkan pada tanggal 3 January 1888.

7. Karet Gelang

Karet Gelang dipatenkan di London pada tanggal 17 Mei 1845 oleh seorang penemu dan pebisnis karet vulkanisir berkebangsaan Inggris bernama Stephen Perry.

8. Ritsleting

Pada th. 1851, Elias Howe terima hak paten untuk alat bernama “Automatic, Continuous Clothing Closure” yang merupakan cikal dapat resleting modern. 42 th. sesudah itu yaitu pada th. 1893, Whitcomb Judson menjadi memasarkan alat serupa bernama “Clasp Locker”. Pada th. 1913, Gideon Sundback yang merupakan seorang karyawan pada perusahaan Universal Fastener Company di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat telah sukses mendesain resleting modern.

9. Penjepit Pakaian

Penjepit baju yang terbuat dari sepotong kayu diciptakan oleh Victor Jeremie Opdebec. Penjepit baju yang gunakan per, layaknya yang digunakaan pas ini, diciptakan pada th. 1853 oleh David M. Smith yang berasal dari Springfield, Amerika Serikat.

10. Pembuka Kaleng

Makanan kaleng telah tersedia sejak th. 1772 di Belanda, namun alat pembuka kaleng baru dipatenkan di Inggris pada th. 1855. Di Amerika Serikat, pembuka kaleng pertama kali dipatenkan oleh Ezra Warner dari Connecticut pada th. 1858, namun bentuknya masih belum praktis. Pembuka kaleng modern yang telah ditambah bersama dengan roda pemotong yang berputar ditemukan di Amerika Serikat pada th. 1870 oleh William Lyman.

11. Stapler dan Staples

Stapler tertua yang diketahui adalah buatan tangan di abad ke-18 untuk Raja Perancis, Louis XV. Pada th. 1866, George McGill yang berkebangsaan Amerika terima patent atas penemuannya yang merupakan cikal baral stapler modern, sesudah itu pada tanggal 18 Februari 1879, George McGill kembali terima patent untuk penemuannya yaitu McGill Single-Stroke Staple Press, yang merupakan stapler pertama yang sukses secara komersial.

12. Klip Kertas

Menurut Early Office Museum, paten pertama untuk klip kertas dikeluarkan di Amerika Serikat kepada Samuel B. Fay, yaitu pada tanggal 23 April 1867.

13. Gantungan Pakaian

Gantungan Pakaian yang digunakan hari ini terinspirasi oleh gantungan mantel yang diciptakan pada th. 1869 oleh O.A. North dari New Britain, Connecticut. Seorang pegawai perusahaan Timberlake Wire plus Novelty Company bernama Albert J. Parkhouse yang berasal dari Jackson, Michigan termasuk diberi kredit atas penemuan ini, layaknya halnya bersama dengan Christopher Cann pada th. 1876 yang merupakan mahasiswa teknik pada Boston University.

14. Pemotong Kuku

Tidak diketahui memahami siapa penemu pemotong kuku, namun hak paten untuk alat ini pertama kali dikeluarkan di Amerika Serikat pada th. 1875 dan diberikan kepada Valentine Fogerty.

15. Tutup Botol

Tutup botol ditemukan pada th. 1890 oleh pendiri perusahaan Crown Holdings, Inc, William Painter yang lahir di Tridelphia, Maryland, Amerika Serikat. Painter menamakan temuannya sebagai “Crown Cork” sebab bentuknya yang menyerupai mahkota ratu Inggris.

16. Paku Tindis

Ditemukan pada th. 1900an di Newark, New Jersey, Amerika Serikat oleh seseorang yang bekerja di perusahaan cuci-cetak foto bernama Edwin Moore. Setelah penemuannya, Moore meninggalkan bisnis fotografi dan mendirikan perusahaan yang bernama Moore Push-Pin Company.

17. Penjepit Rambut

Penjepit Rambut ditemukan pada th. 1922. Selama beberapa dekade, brand dagang “Bobby Pin” dipegang oleh Bob Lepine Corporation Buffalo, New York, Amerika Serikat.

18. Cotton Buds

Ditemukan di New York pada th. 1923 oleh Leo Gerstenzang, pria kelahiran Warsaw, Polandia yang berkebangsaan Amerika Serikat. Untuk memasarkan produknya, Leo Gerstenzang mendirikan perusahaan yang bernama Leo Gerstenzang Infant Novelty Company bersama dengan brand “Q-Tips”.

19. Isolasi Perekat

Cikal dapat isolasi modern dikembangkan pada th. 1930 di Minneapolis, Amerika Serikat, oleh seorang insinyur perusahaan 3M Company bernama Richard Drew.

20. Velcro

Ditemukan pada th. 1948 oleh seorang insinyur listrik berkebangsaan Swiss yang bernama George de Mestral. De Mestral mempatenkan “velcro” temuannya pada th. 1955.

Baca Juga :