Empat Departemen di ITS Dapat Penilaian dari Tim AUN-QA

Empat Departemen di ITS Dapat Penilaian dari Tim AUN-QA

Empat Departemen di ITS Dapat Penilaian dari Tim AUN-QA
Empat Departemen di ITS Dapat Penilaian dari Tim AUN-QA

Tim asesor dari ASEAN University Network-Quality (AUN-QA) memulai kunjungannya

ke kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk melakukan assessment atau penilaian terhadap empat departemen, Rabu (30/1/2019). Penilaian ini ditujukan untuk mendapatkan sertifikasi AUN-QA.

Sembilan asesor yang dipimpin oleh Prof Ir Dr Shahrir Abdullah berasal dari Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina ini siap melakukan penilaian hingga 1 Februari mendatang. Kunjungan penilaian ini untuk melakukan konfirmasi terhadap berkas-berkas yang diajukan sebelumnya oleh keempat departemen. Yakni Departemen Matematika, Departemen Teknik Fisika, Departemen Teknik Sistem Perkapalan, dan Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota.

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana M ScES PhD mengatakan bahwa penilaian AUN-QA

tahun ini merupakan kali keempat bagi ITS sejak tahun 2015 lalu. Hingga saat ini, sudah ada 12 departemen di ITS yang telah berhasil mendapatkan serifikasi AUN-QA tersebut. “Tiap tahunnya, kita diberi kesempatan mengajukan maksimal empat departemen untuk bisa disertifikasi oleh AUN-QA ini,” jelasnya.
Baca Juga:

BCA Serahkan Uang Rp 4,59 Miliar untuk Beasiswa
RSTKA Kembali Berlayar ke Kepulauan Indonesia Timur
Riset Setara Institute Beber 2 Kampus PTN di Jatim Terpapar Gerakan Ekslusivisme Agama
Tekan Angka Kematian Ibu Melahirkan, POGI Berikan PAKI Award

Dalam sambutannya, Joni juga menegaskan, sertifikasi AUN-QA semata-mata bukan hanya

untuk mendapatkan pengakuan setara di lingkup ASEAN, melainkan sebagai bukti atas komitmen ITS akan peningkatan kualitasnya. “Kami ingin menjamin para mahasiswa yang menduduki bangku perkuliahannya di ITS untuk memperoleh kualitas pendidikan yang bermutu,” tuturnya.

Menurut rektor yang akan mengakhiri masa jabatannya pada April 2019 ini, yang dicari pada ajang penilaian AUN-QA setiap tahunnya merupakan kritik dan masukan dari pihak AUN dalam rangka mencapai salah satu tujuan besar ITS, yakni memberikan kualitas yang terbaik bagi mahasiswanya.

Sejak tahun 2015, jelas Joni, ITS makin gencar memperbaiki mutu dengan mengikuti standar internasional, salah satunya adalah melalui AUN-QA. Meski saat ini sudah ada 12 departemen yang tersertifikasi AUN-QA, ITS tetap berkomitmen untuk terus menambah koleksi departemen yang tersertifikasi AUN-QA ke depannya. “Kita targetkan setiap tahun ada empat departemen lagi yang diajukan untuk bisa mendapatkan serifikasi AUN-QA ini, sehingga nantinya semua departemen di ITS bisa tersertifikasi semuanya,” tandas guru besar Teknik Lingkungan ini.

 

Baca Juga :