Guru Ngaji di Pamekasan Digembleng Materi Tahsin Al-Qur’an

Guru Ngaji di Pamekasan Digembleng Materi Tahsin Al-Qur’an

Guru Ngaji di Pamekasan Digembleng Materi Tahsin Al-Qur’an
Guru Ngaji di Pamekasan Digembleng Materi Tahsin Al-Qur’an

Sejumlah guru ngaji di Desa Kertagenah Tengah, Kecamatan Kadur, mendapat bekal dan bimbingan ilmu al-Qur’an

dari salah satu ahli dalam kegiatan Training of Trainers Tahsin Al-Qur’an di LPI Darul Falah desa setempat, Jum’at (19/7/2019).

Kegiatan yang digelar mahasiswa Kelompok 9 Perkuliahan Kerja Nyata (PKN) XXIV Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, diikuti puluhan guru ngaji, perangkat desa hingga para mahasiswa PKN Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, yang juga menempati desa setempat.

“Kegiatan ini kami laksanakan sebagai upaya untuk memberikan pendalaman bagi para peserta seputar bidang ilmu tajwid. Sebab berdasar hasil observasi kami, terdapat banyak guru ngaji yang tersebar di 11 dusun berbeda di Desa Kertagenah Tengah,” kata Kordes Kelompok 9 IAI Al-Khairat Pamekasan, Nur Azizah, Senin (22/7/2019).

Dari itu pihaknya sengaja mendatangkan ahli tajwid dari Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata

, Ust Suroto Suruji untuk berbagai pengalaman bersama peserta penataran bagi guru ngaji. “Dengan kegiatan ini kami berharap peserta dapat meningkatkan pengetahuan Tahsin al-Qur’an, sekaligus bisa mengimplementasikan makharij al-huruf yang baik dan benar,” harapnya.
Baca Juga:

170 Mahasiwa IAI Al-Khairat Pamekasan Jalani Program Praktik Lapangan
Maba IAI Al-Khairat Pamekasan Jalani Program PBAK 2019
Dosen Didorong Aktif Lakukan Penelitian dan Pengabdian
213 Mahasiwa IAI Al-Khairat Pamekasan Ikuti Prosesi Wisuda Sarjana

“Selain itu kami menilai kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan khususnya bagi para guru ngaji di Desa Kertagenah Tengah, sehingga kami mendatangkan ahli untuk berbagi bersama masyarakat terutama dalam sektor pendidikan. Dan tentunya tanpa mengurangi program priorotas yang kami gagas dalam program mahasiswa mengabdi pada tahun ini,” jelas mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT).

Sementara Kepala Desa (Kades) Kertagenah Tengah, Suto Abdurrahman mengapresiasi gagasan mahasiswa

PKN IAI Al-Khairat Pamekasan yang dinilai peduli terhadap keberadaan guru ngaji di desa yang dipimpinnya. “Alhamdulillah, kegiatan seperti ini memang sangat kami harapkan sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya para guru ngaji di desa kami,” kata Suto Abdurrahman.

“Kami bersyukur adik-adik PKN bisa merealisasikan program ini, apalagi di desa kami terdapat banyak mushalla yang membuka pengajian bagi anak-anak kami. Sehingga dengan kegiatan ini, guru ngaji bisa menambah wawasan dalam bidang ilmu tajwid. Apalagi di antara pamong kami juga ada yang membuka pengajian di rumah masing-masing,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://education.microsoft.com/Story/CommunityTopic?token=LWt5G