Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh pada Anak

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh pada Anak

Berikut ini sejumlah cara yang bisa Bunda kerjakan untuk menambah daya tahan tubuh si kecil:

Perhatikan asupan nutrisinya.
Makanan ialah sumber nutrisi terbaik untuk anak, terlebih buah dan sayuran. Kedua bahan makanan ini berisi vitamin dan mineral alami yang diperlukan oleh anak pada masa perkembangan dan menolong meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, pastikan buah dan sayur tidak jarang kali ada dalam susunan menu si kecil.

Atur waktu istirahat atau istirahatnya.
Anak yang tidak cukup tidur ingin mudah terserang penyakit. Waktu tidur yang diperlukan masing-masing anak pastinya berbeda-beda, tergantung pada kegiatan fisik yang telah dilaksanakan dan metabolisme tubuhnya. Seorang bayi, memerlukan waktu tidur sekitar 18 jam. Sedangkan balita memerlukan waktu tidur sekitar 12-13 jam, dan anak yang sudah bersekolah memerlukan waktu tidur sekitar 10 jam.

Menjaga kesucian diri dan lingkungan.
Ajarkan si kecil guna selalu membasuh tangan sebelum santap dan sesudah beraktifitas. Menjaga kesucian ini pun perlu diterapkan pada mainan dan lingkungannya, sebab anak kecil ingin suka memasukkan jari atau mainannya yang kotor ke dalam mulut.

Ajak si kecil berolahraga.
Manfaat olahraga untuk kesehatan tidak melulu berlaku pada orang dewasa saja, tetapi berlaku pun untuk anak-anak. Akan lebih meyenangkan bila kegiatan yang menyehatkan ini dilakukan bareng seluruh anggota keluarga.

Lindungi si kecil dari asap cerutu dan kendaraan.
Asap cerutu dan kendaraan berisi zat-zat yang bisa mengganggu kesehatan dan membahayakan pernapasan, terlebih pada anak-anak. Kenakan masker pada si kecil tiap berkeinginan bepergian, untuk meminimalisir kadar polusi udara yang terhirup.

Tidak sembarang memberi obat.
Boleh saja menyerahkan obat untuk si kecil yang sedang sakit. Namun, simaklah jenis obat yang Bunda berikan. Sebaiknya tidak menyerahkan obat-obatan kelompok keras, laksana antibiotik, untuk si kecil tanpa ajakan dokter.

Sumber : http://www.thienantech.com/?https://www.pelajaran.co.id