Manfaat Spirulina Bagi Kesehatan

Spirulina adalah sejenis ganggang biru yang dapat dikonsumsi manusia sebagai suplemen makanan. Spirulina dianggap sebagai makanan super karena kandungan nutrisi dan manfaat spirulina sangat baik untuk kesehatan Anda.

Spirulina memiliki kandungan protein dan vitamin yang tinggi, yang menjadikannya suplemen makanan yang sangat baik bagi orang yang vegetarian atau vegan. Studi menunjukkan bahwa Spirulina memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi serta kemampuan untuk mengatur sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Spirulina untuk kesehatan tubuh

Berikut adalah manfaat spirulina, yang sehat untuk tubuh ketika sering ditambahkan ke dalam diet Anda:

1. Kandungan nutrisi yang sangat baik
Manfaat pertama spirulina adalah cara untuk melengkapi protein dan vitamin dalam makanan tanpa efek samping yang signifikan.

Satu sendok makan atau 7 gram spirulina kering mengandung:

  • 20 kalori
  • 4,02 g protein
  • 1,67 g karbohidrat
  • 0,54 g lemak
  • 8 miligram (mg) kalsium
  • 2 mg zat besi
  • 14 mg magnesium
  • 8 mg fosfor
  • 95 mg potasium
  • 73 mg natrium
  • 0,7 mg vitamin C

Spirulina juga mengandung tiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan vitamin B-6, A dan K. Mengkonsumsi spirulina sebagai bagian dari diet seimbang sebenarnya dapat membantu seseorang tetap sehat.

2. menurunkan berat badan
Spirulina adalah makanan bergizi rendah kalori yang mengandung banyak nutrisi bahkan dalam jumlah kecil spirulina. Menambahkan spirulina ke dalam diet Anda dapat membantu orang menurunkan berat badan tanpa kehilangan nutrisi apa pun.

Hasil studi double-blind, terkontrol plasebo menunjukkan bahwa manfaat Spirulina dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Dalam studi tersebut, mereka yang kelebihan berat badan dan rutin makan spirulina selama 3 bulan menunjukkan peningkatan indeks massa tubuh (IMS).

3. Meningkatkan kesehatan usus
Spirulina mudah dicerna karena strukturnya, di mana sel-sel tidak memiliki dinding berserat keras. Apakah penggunaan spirulina meningkatkan kesehatan usus?

Diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia, tetapi penelitian pada hewan menunjukkan bahwa manfaat spirulina dapat mendukung kesehatan usus dengan bertambahnya usia. Sebuah studi dari 2017 pada tikus yang lebih tua menunjukkan bahwa manfaat spirulina dapat melestarikan bakteri usus yang sehat selama proses penuaan. Spirulina tidak mengandung banyak serat, jadi sangat penting untuk memasukkan makanan tinggi serat dan sehat lainnya dalam diet Anda.

4. Kelola diabetes
Manfaat spirulina adalah untuk mengatasi gejala diabetes. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum dokter dapat merekomendasikannya.

Sebuah studi dari 2018 menemukan bahwa manfaat spirulina secara signifikan menurunkan kadar gula darah. Gula darah tinggi adalah masalah umum pada orang dengan diabetes tipe 1 dan 2. Ini menunjukkan bahwa efektivitas spirulina dapat membantu mengendalikan diabetes.

Hasil ini menunjukkan bahwa spirulina dapat digunakan sebagai makanan untuk pengobatan diabetes tipe 2.

5. Menurunkan kolesterol
Mengkonsumsi Spirulina dapat membantu menurunkan kolesterol. Kolesterol adalah lemak yang tidak sehat dalam darah yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.

Ulasan sistematis dan meta-analisis 2016 menunjukkan bahwa mengambil suplemen spirulina dapat memiliki efek positif pada lipid darah. Studi ini menemukan bahwa manfaat spirulina secara signifikan menurunkan kolesterol total dan menurunkan LDL (kolesterol jahat) – sambil meningkatkan HDL (kolesterol baik). Sebuah studi 2013 juga menemukan bahwa mengonsumsi 1 gram spirulina per hari selama periode 3 bulan dapat menurunkan kolesterol total.

6. Menurunkan tekanan darah
Seperti dibahas sebelumnya, manfaat spirulina dapat menurunkan kolesterol dan ada bukti bahwa spirulina dapat membantu mengendalikan tekanan darah.

Sebuah studi kecil tahun 2016 menemukan bahwa penggunaan spirulina secara teratur selama periode 3 bulan menurunkan tekanan darah jika Anda kelebihan berat badan dan memiliki tekanan darah tinggi atau tekanan darah tinggi.

7. Mencegah penyakit jantung
Tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol keduanya terkait dengan penyakit jantung. Karena manfaat spirulina dapat mengurangi dua faktor risiko ini, dapatkah Spirulina membantu mencegah penyakit jantung?

Melihat kembali pada tahun 2013 menunjukkan bahwa ganggang biru-hijau dapat berperan dalam pencegahan penyakit jantung. Ini mungkin karena efek penurun kolesterol, anti-inflamasi dan antioksidan.

Baca Juga :