Spesifikasi Toyota Etios Valco TOM

Spesifikasi Toyota Etios Valco TOM

Pada bulan Februari 2015, Toyota Astra Moto secara resmi merilis mobil Toyota terakhir di kelas Hatchback, Toyota Etios Valco TOM’S. Dengan dirilisnya Etios TOM’S di pasaran, Etios Valco menjadi empat, yaitu Etios JX, E, G dan TOMS, di mana Etios TOM’S adalah yang tertinggi dalam kategori Etios Valco. Toyota Etios Valco di kelas hatchback Toyota adalah tipe menengah atau menengah yang fitur, harga, spesifikasi masih di bawah Toyota Yaris tetapi di atas Toyota Agya.

Sebelum meluncurkan Toyota Etios Valco TOM’S sebulan lebih awal atau lebih tepatnya pada awal tahun baru, pada Januari 2015, Toyota Astra Motor juga merilis versi perbaikan dari Etios Valco dengan serangkaian modifikasi kecil luar dan dalam.

Toyota Etios Valco TOM’S

Perubahan pada Toyota Etios terjadi pada gril radiator depan yang warnanya tidak lagi sama dengan bodi tetapi berubah menjadi warna krom. Untuk melihat perubahan pada Toyota Agya Anda dapat melihat pada gambar Toyota Etios lama pada gambar di bawah ini.

Toyota Etios Valco Model Lama (sebelum perbaikan)

Dari bagian dalam, TAM menambahkan fungsi sandaran kepala yang bisa disetel (semua tipe) untuk kursi belakang sehingga penumpang tetap nyaman selama perjalanan. Motif pada kursi juga mendapatkan penyegaran dengan mengubah warna dari hitam menjadi perak hitam yang lebih elegan.

Untuk kenyamanan saat berkendara, Etios Valco juga dilengkapi dengan fitur-fitur baru, yaitu adjuster ketinggian kursi pada kursi pengemudi yang telah disesuaikan dengan postur Indonesia.

Interior Toyota Etios Valco TOM’S.

Toyota juga telah menambahkan rentang warna baru pada Toyota Etiso dengan warna baru, merah / merah metalik, tetapi telah memotong warna lama, beige logam. Dengan tambahan warna unik ini, total Toyota Etios memiliki enam pilihan warna, yaitu putih, perak metalik, abu-abu metalik, mika hitam, biru metalik, dan mika metalik merah. Berikut adalah pilihan warna Toyota Etios Valco.

Warna-warna dari Toyota Etios Valco

Dengan pembaruan pada Toyota Etios Valco secara otomatis untuk Toyota Etios Valco, TOM’S juga memiliki spesifikasi internal dan eksternal yang sama pada peningkatan Toyota Etios Valco. Atau Anda dapat mengatakan bahwa Toyota Etios Valco TOM’S persis sama dengan Toyota Etios tipe G, tetapi ada kit TOM lainnya di bodi depan, belakang, samping dan dengan lambang TOM di belakang dan spoiler di belakang.

Spesifikasi Toyota Etios Valco TOM

Menurut konsep City Car, Etios Valco dirancang untuk kendaraan perkotaan sehingga relatif kecil dan mudah digunakan setiap hari. Dimensi dari Toyota Etios Valco TOM’S adalah sama dengan yang dari tipe G, E dengan panjang 3,775 mm, lebar 1,695 mm, tinggi 1,510 mm, jarak sumbu 2,460 mm, jarak berjalan depan 1,468 mm dan jarak dukungan belakang 1.474 mm.

Toyota Etios Valco menggunakan 3 mesin NR-FE, 4 silinder 16 katup DOHC dari 1.197 cc di mana mesin menghasilkan tenaga maksimum 80 / 5.600 CV / rpm dan torsi maksimum 10,6 / 3.100 Rpm / kg.

Semua jenis Toyota Etios hanya tersedia dengan pilihan mesin manual 5-speed (MT). Rasio transmisi yang dihasilkan oleh transmisi Toyota Etios pada gigi 1 adalah 3.545, 1.913 pada gigi 2, 1.310 pada gigi 3, 0.973 pada gigi 4, 3.214 pada gigi 5 dan rasio terakhir adalah 4.294.

Untuk suspensi yang digunakan pada Toyota Etios Valco TOMS di bagian depan menggunakan MacPherson Strut dengan stabilizer sedangkan untuk suspensi belakang menggunakan balok puntir bahkan dengan stabilizer. Suspensi dilengkapi dengan sistem pengereman depan yang menggunakan cakram berventilasi 14 “sedangkan untuk roda belakang yang menggunakan sistem rem drum. Untuk roda dan velg yang digunakan pada Etios Valco sama dengan yang digunakan pada tipe E dan G , dengan ban berdimensi 185/60 R15.

SRS Etios Valco Tipe G dan kantung udara ganda TOM

Beralih ke sistem keselamatan untuk Toyota Etios Valco TOM’S memiliki sistem keselamatan yang sama dengan alarm Tipe G. Juga dilengkapi dengan fitur keselamatan, yaitu airbag depan SRS untuk melindungi pengemudi dan penumpang depan, fitur keselamatan lainnya dilengkapi dengan sabuk pengaman untuk 3P ELR depan dengan pretensioner dan force limiter untuk belakang, menggunakan 3P ELR untuk dua dan 2P ELR untuk 1 untuk menjaga tingkat keamanan tertinggi. Juga di sabuk pengaman adalah semua jenis Etios Valco dengan fungsi peringatan sabuk pengaman. Untuk alasan keamanan selama perjalanan, Etios Valco dan tipe G dilengkapi dengan fungsi EBS dan EBD.

Sumber Terkait : toyota lampung