Jokowi Undang ke Panggung Alumni UGM yang Punya Utang di Kantin

Jokowi Undang ke Panggung Alumni UGM yang Punya Utang di Kantin

Jokowi Undang ke Panggung Alumni UGM yang Punya Utang di Kantin
Jokowi Undang ke Panggung Alumni UGM yang Punya Utang di Kantin

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Reuni Akbar alumni Universitas Gadjah Mada

(UGM) di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (22/9).

Temu Kangen dengan tema ‘Guyub dan Rukun, Kini dan Nanti’ ini dihadiri sekitar 3.000 alumni. Selain Jokowi, sejumlah pejabat dan menteri yang merupakan alumni UGM turut hadir dalam acara ini. Beberapa di antaranya, Mensesneg Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljo, Gubernur DKI Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Gubernur BI Perry Warjiyo, Ketua MK Anwar Usman, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Reuni Akbar itu menjadi ajang bagi Jokowi untuk bernostalgia. Capres nomor urut 1 itu diketahui tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980 dan lulus pada 1985.

Saat memberikan sambutan, Jokowi meminta meminta alumni UGM yang pernah berutang di kantin

semasa kuliah untuk mengaku dan naik ke atas panggung.

Permintaan itu dilontarkan Jokowi untuk membuktikan kelakar Ganjar Pranowo yang juga Ketua Umum Kagama (Keluarga Alumni Gadjah Mada) yang menyebut banyak anggota Kagama yang berutang di Warung Sega Pecel (SPGC) Bu Wiryo. Warung pecel ini menjadi salah satu rumah makan favorit mahasiswa UGM.

“Tadi Pak Ganjar yang menyampaikan, katanya banyak yang ‘ngutang’ di SPGC

. Benar enggak sih. Coba yang pernah ngutang di SPGC maju. Coba saya ingin lihat mana yang ngutang,” kata Jokowi.

Permintaan Jokowi ini disanggupi oleh tiga alumni UGM dengan naik ke atas panggung. Ketiganya mengaku pernah berutang saat kuliah.

“Ya dulu pas-pasan Pak uangnya. Mau makan pakai telur duitnya kurang,” kata seorang alumni Fakultas Sastra atau kini bernama Fakultas Ilmu Budaya, Fajar Nugroho.

“Kalau kira-kira uangnya pas, ya pakai kerupuk, jangan telur,” timpal Jokowi yang disambut gelak tawa alumni UGM yang memadati ruang Cendrawasih.

Gemuruh pun kembali terjadi saat alumni UGM lainnya yang berada di atas panggung memperkenalkan diri. Dengan penuhi keyakinan, alumni itu mengaku bernama Widodo alumni Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan 1986.

“Saya Widodo,” katanya sambil memperlihatkan KTP miliknya.

Jokowi mengaku mempercayai nama alumni tersebut tanpa perlu menunjukkan KTP. Dikatakan, mahasiswa dan alumni UGM tidak pernah berbohong, termasuk soal utang piutang.

“Anak UGM itu enggak pernah bohong. Nama Widodo, ya Widodo. Ngutang ya ngomong ngutang. Ngga ditutupi. Apa adanya,” katanya yang disambut tawa hadirin.

 

Baca Juga :