Manfaat kegiatan olahraga ekstrakurikuler

Sekolah tidak hanya fokus pada kegiatan belajar dan mengajar. Sekolah juga menyediakan keterampilan ekstrakurikuler untuk mempertajam bakat dan keterampilan anak-anak di bidang non-akademik, seperti olahraga. Jadi apa manfaat yang didapat anak-anak ketika mereka bermain olahraga ekstrakurikuler di sekolah? Lihatlah ulasan berikut.

Manfaat kegiatan olahraga ekstrakurikuler di sekolah anak-anak
Anak-anak menghabiskan waktu mereka secara aktif untuk bermain dan bergerak. Namun, setelah masuk sekolah, jam bermain pasti harus dikurangi. Meski begitu, itu tidak berarti mereka tidak bisa tetap aktif dengan bermain dengan teman-teman.

Manfaat kegiatan olahraga ekstrakurikuler

Ya, sekolah menawarkan klub olahraga atau yang biasa dikenal dengan ekstrakurikuler, sehingga anak-anak masih bisa bersenang-senang bermain, seperti klub sepak bola, tari, bola basket atau bola voli.

Selain mencegah anak-anak bermain di luar tanpa pengawasan, kegiatan ekstrakurikuler rupanya memberikan banyak manfaat lain. Hanya apa? Berikut adalah keuntungan dari kegiatan olahraga ekstrakurikuler di sekolah anak-anak.

1. Tingkatkan aktivitas fisik untuk anak-anak
Apa yang biasanya dilakukan anak-anak setelah sekolah? Bermain atau nonton TV sampai malam? Pada kenyataannya, tidak masalah jika anak melakukan aktivitas, tetapi jika terlalu tebal, kebiasaan ini akan membuatnya malas bergerak.

Apalagi jika aktivitasnya disertai dengan cemilan yang tidak sehat. Kebiasaan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan anak nantinya. Untuk alasan ini, penting untuk meyakinkan anak Anda untuk bergabung dengan klub olahraga di sekolah.

Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa menonton TV sambil makan camilan cenderung menyebabkan kenaikan berat badan dan peningkatan risiko obesitas.

Menonton TV sambil ngemil bisa membuat anak makan lebih banyak dari yang seharusnya. Bahkan energi yang dihasilkan tidak digunakan dengan benar, sehingga menumpuk dan bertambah berat.

Ketika berpartisipasi dalam kegiatan olahraga ekstrakurikuler, anak-anak akan menjadi lebih aktif dalam bergerak. Dengan cara ini, waktu untuk bersantai dan makan makanan yang tidak sehat dapat dikurangi.

2. Buat tubuh anak sehat
Anak-anak yang mengikuti klub olahraga tentu akan jauh lebih sehat. Mengapa? Olahraga ekstra kurikuler ini tentu saja membutuhkan pelatihan pendukung yang teratur untuk anak-anak.

Sebagai contoh, anak-anak yang mendaftar di klub futsal umumnya diharuskan untuk berlari dan melakukan latihan peregangan teratur setidaknya sekali seminggu sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh sekolah.

Gerakan dilakukan untuk melatih pernapasan dengan lebih baik, meningkatkan fleksibilitas, dan meningkatkan kinerja anak-anak selama permainan. Sama seperti manfaat olahraga pada umumnya, olahraga mempercepat sirkulasi darah dan mengontrol kadar gula darah, kolesterol dan tekanan darah.

Keuntungan lain dari berpartisipasi dalam olahraga adalah dapat berdampak positif pada pemulihan orang yang mengalami depresi.

Studi yang diterbitkan dalam Biological Psychiatry menunjukkan bahwa orang yang depresi memiliki ukuran hippocampus otak yang berkurang. Kondisi ini menyebabkan orang yang mengalami depresi sulit berkonsentrasi dan berpikir jernih.

Para peneliti sepakat bahwa manfaat ekstrakurikuler olahraga dalam otak anak-anak yang mengalami depresi. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan mood, fungsi kognitif, dan memori anak-anak.

3. Membentuk kepribadian anak
Selain sehat untuk tubuh, kegiatan olahraga ekstrakurikuler di sekolah juga membantu membentuk kepribadian anak. Untuk mencapai kemenangan atau hasil yang diinginkan, anak akan rajin berolahraga. Dari sana, dia juga dilatih untuk mengembangkan kepercayaan dirinya.

Anak-anak yang mengambil bagian dalam kegiatan ini di sekolah cenderung mematuhi lebih banyak peraturan dan disiplin. Selain itu, anak-anak juga akan lebih mudah belajar menerima kekalahan dan menerima kritik.

4. Kembangkan keterampilan sosialisasi anak-anak
Sebagian besar kegiatan olahraga ekstrakurikuler dilakukan dalam kelompok. Anak-anak akan bertemu anak-anak dari kelas lain, bahkan dari sekolah lain. Selain memperluas lingkaran pertemanan anak-anak, ia juga dapat belajar banyak hal, seperti kerja sama, sosialisasi dan kemampuan berkomunikasi.

5. Meningkatkan kinerja anak-anak di sekolah
Kegiatan yang menyenangkan selama klub olahraga dapat mendorong anak-anak untuk rajin belajar di kelas. Selanjutnya, aktivitas fisik yang dilakukan oleh anak-anak ini juga memungkinkan aliran darah yang teratur ke otak agar membuat anak mudah berkonsentrasi, memiliki daya ingat yang lebih jelas dan berpikir jernih.

Apalagi jika anak mendapat hasil dari kegiatan klub, kemungkinan anak untuk melanjutkan pendidikannya juga lebih mudah dengan banyaknya lembaga pendidikan yang ia sediakan.

Baca juga :