Kerajaan Sumeria ( 4000 / 3500 – 2300 BC )

 Kerajaan Sumeria  ( 4000 / 3500 – 2300 BC )

 Kerajaan Sumeria
Kerajaan Sumeria

4000 Bc / 3500 Bc Bangsa Sumaria

telah mendatangi Sungai Eufrat dan Tigris yang bersal dari Asia Kecil (Susa). Bansa Sumeria ini sudah kebudaya yang tinggi yaitu bangsa sumeria telah bisa membuat barang – barang seperti Tembaka, emas, dan membuat pakaian dari linen. Sebelum sampai Di Mesopotamia bangsa Smeria bersatu dengan Bagsa Semit. Bangsa Sumeria yang melakukan bertenak dengan nomaden sedangkan Bangsa Semit sudah mengenal dasar – dasar kehidupan politik dan ekonomi

 

Kedatangan Bangsa Sumeria ini daerah Mesopotamia

  dimulai dengan membangun kota Ur, Uruk, Lagash, dan Nipur. Pada awalnya kota ini berdiri sendiri dan kemudian terjadi persaingan untuk menjadi yang terkuat, bagi kota yang kalah akan menjadi bawahan kota yang menang sehingga dari sini muculah bentuk pemerintahan yang baru yaitu pemerintahan yang berbentuk kerajaan. Namun kejayaan tertinggi Bangsa Sumeria ini waktu dipimpin oleh Ur Nammu.

 

Bangsa Sumeria telah berhasil mendirikan kerajaan

yang tersusun dengan rapi. Perekonomian yang maju dan memiliki sifat – sifat keadilan sosial. Pusat pemerintahanya  terletak dikota  Lagash dan selanjut dikota Uruk ( Uro ) namun sejak tahun 2300 BC. Bangsa Sumeria ditaklukan oleh Bangsa Akkadia.

Baca Juga :