KEBUDAYAAN MESOPOTAMIA

KEBUDAYAAN MESOPOTAMIA

KEBUDAYAAN MESOPOTAMIA
KEBUDAYAAN MESOPOTAMIA

LEMBAH EUFRAT DAN TIGRIS

(TAHUN 4000 BC – 331 BC)

            Mesopotamia berasal dari kata Meso  dam Potomes. Meso yang artinya  tengah dan Potomes artinya sungai, jadi Mesopotamia adalah daerah yang diapit oleh 2 sungai yaitu Eufrat dan Tingris sehingga wilayah ini sangat subur dan diperebutkan oleh bangsa – bangsa lain (Daerah Bulat Sabit ). Nama Mesopotamia ini diberi oleh seorang yunani yang bernama Herodotus. Karena bagusnya daerah ini Herodotus memberi nama Taman Surga. Mesopotamia merupakan daerah yang subur yang berbentuk bulan sabit. Kebuadayaan ini berkembang sejak 4000 BC  sehigga kebuadayaan Mesopotamia diLembah Sungat Eufrat dan Tigris ini disebut sebagai peradaban.

 

Secara geografis Mesopotaia terletak

dipersipangangan jalur perdagangan Dunia dan sekarang dinamakan dengan Republik Irak. Mesipotamia terletak di Asia Barat Daya yang berbatasan disebelah utara dengan Turki dan Iran, sebelah Timur Iran dan Timur laut Teluk Persia, sebelah Barat  Syiria dan Yordania dan  disebelah selatan Kuwait Saudi Arabia.

PERKEMBAGAN DAN KONDISI SOSIALNYA

            Setiap bulan Oktober sampai April  kedua sugai ini terjadi banjir yang mendatangkan lumpur yang subur pada kedua sisi sungai tersebut. Sungat Eufrat dan Tigris ini merupakan sebuah peradaban kebudayaan yang terbuka dari segala arah  oleh karena itu kedua sungai ini sering diserbu oleh berbagai bangsa – bangsa yang akan menduduki wilayah tersebut. Mesopatamia ini terletak diantara jalur lintas perdangangan antara Laut Tengah, Asia Tengah, India sampai ke Cina. Sungai Eufrat dan Tigris ini juga dapat dilayari dari perdalaman sampai Delta Teluk Parsi.

 

Kondisi alam tersebut memungkinkan tumbuhnya peradaban

di dua sungai ini yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekeliling dengan bertani, bertenak, perdagangan dan pelaut. Yang menjadi masalah bagi kerajaan yang menguasai Mesopotamia adalah bagaimana mengatasi banjir setiap tahunya dan membuat sistem pangairan yang baik sehingga banjir tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik. Mesopotamia adalah daerah diperebutkan oleh beberapa bangsa. Sehingga disana menggunakan sistem Primus Interpares ( siapa yang kuat dia yang berkuasa )  bangsa yang pertama menguasai Mesopotamia ini adalah :

Sumber : https://www.givology.org/~danuaji/blog/696982/