Ilmu Pengetahuan

Ilmu Pengetahuan

Ilmu Pengetahuan

Sebagai masyarakat petani

Masyakat dilembah sungai yang Tse Kiang sudah memiliki ilmu pengetahuan seperti ilmu Astronomi ( merupakan sumber untuk menentukan kapan bertani, berlayar dan pengantian musim dan juga kapan waktu panen dan bertanam ).
Pada waktu itu masyarakat sudah mengenal irigasi karena takut akan banjir.

Bahasa

Masyarkat dlembah sungai ini teah berhasil membat tullisan sendiri yang berhasil meyatukan bentuk tulisan Piktograf yang dapoat dibaca dan semua orang cina. Mengenai bahsa untuk seluruh rakyat cina baru muncul pada abad ke-20 yang dikenal dengan bahasa Kuo Yu.

Mata pencarian
Sebagiam mata pencari di Lembah Sungai yang Tse kiang adalah bertani dan banyak menghasilkan gandum , padi , jagung, kedelai dan juga bertenak ulat Sutra disamping itu mereka juga bertenak dan ada juga ang menadi tukang kebun, penebang kayu dan penenun sutra.

 

Sistem masyarakatnya

Masrakat oni diperintah oleh raja yang sangat Kuat, sistem pemrintahnya masih primus interpares. Dan juga masyrakat ini sellauterikat dengan nama keluarga. Bagi rakyat Cina, raja tidaklah di identikkan dengan tuhan atau dewa melaikan wakil tuhan di permukaan bumi. Kekaisar memerintah setelah tuhan memberikan mandat ke tangan kaisar, bila tuhan tidak ingin kekaisar duduk di singgahsana maka tuhan akan mencabut kembali mandatnya dari tagan kaisar. Biasanya di jadikan pertanda bagi rakyat adalah bila tuhan sudah mencabut mandat dari tangan kaisar, akan terjadi bencana alam seperti penyakit menular, peperangan dan lainnya.

 

Adat istiadat

Orang Cina biasanya memberi hormat dengan membungkukkan badan, merupakan hal yang sangat penting karena tinggi rendahnya orang yang membungkuk tergantung dari kedudukan dan pangkat orang yang memberi hormat. Makin tinggi pangkatnya makin rendah pula cara hormat kita keada orang tersebut, seperti memberi hormat kepada raja atau dewa.

Kesenian
Keseniam masyrakat pada waktu itu adalagh sudah bisa membuat :
Sebuah tungku berkaki tiga dengan pernak pernik ukiran dibawahnya dan sebuah genta perunggu yang penuh dengan ukiran . genta ini digunakan untuk peujaan terhadap dewa dan leluhur –lehur. Sebuah bejana anggur yang terbuat dari prunggu berbentuk se ekor burug dan juga sebuh bejana perunggu yang berbentuk seekor binatang ajaib. Masyrakat cina pada masa itu sudah memuat kapak, tapi kapak i tdak digunakan untuk kehidupan sehari melainkan untu upacara – upacara tertentu.

Alat perkakas
Alat perkakas yang digunakan oleh masyrakat adalh sudah sejak zaman meolitikum yaitu pada masa cina kuno sungan mengenal alat – alat dari batu kemudian jaman logam alat pekakas terbuat dari perunggu seerti kapak, pahat ujung tombak. Disampig itu juga dikenal alat pertanian seperti cangkul , bajak dan sebagainya.

Dinding Tembok Besar Cina
Banguna ini merupaka krteristik perwujudan dari masyarakat cina. Tembok ni dibangun pada masa shi huang ti dan selsai pada masa dinasti ming. Ujuan tembok cina dibangun nuntuk melidunngi sungai Hung ho dari serangan bansa bar – bar.

Sumber : https://topsitenet.com/article/213046-definition-of-text-review-and-examples/