Yuk Kenalan dengan Koordinator PPI Dunia yang Baru

Yuk Kenalan dengan Koordinator PPI Dunia yang Baru

Yuk Kenalan dengan Koordinator PPI Dunia yang Baru
Yuk Kenalan dengan Koordinator PPI Dunia yang Baru

Dalam acara Simposium PPI Dunia di Warwick, United Kingdom, pada 24 Juli,

Pandu Utama Manggala berangkat mewakili PPI Jepang.

Tak dikira, dalam konvensi terbesar Perhimpunan Pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di luar negeri itu Pandu mendapatkan amanah untuk memimpin PPI Dunia.

’’Sebenarnya salah satu target dari delegasi PPI Jepang yang berangkat ke UK

kemarin sebenarnya adalah untuk dapat memimpin Komisi Pendidikan yang akan menjadi rekomendasi rencana aksi untuk program PPI Dunia selama satu periode ke depan,’’ papar Pandu yang merupakan mahasiswa S3 di National Graduate Institute for Policy Studies (GRIPS), Jepang tersebut.

Apalagi dinamika saat simposium lalu cukup besar, dan dikarenakan dorongan serta kepercayaan dari berbagai rekan yang hadir saat Simposium Internasional di UK tersebut, pada akhirnya Pandu mengiyakan untuk berikhtiar di PPI Dunia sebagai kandidat yang dimajukan oleh PPI Kawasan Asia-Oceania.

’’Dan flashback saya ke 2008, ketika saya dulu juga diberi amanah untuk memimpin

di BEM FISIP UI, mengingatkan kembali idealisme yang tengah tinggi-tingginya. Mengingatkan saya kembali, untuk siapa saya berletih-letih ini,’’ imbuh Pandu yang menyelesaikan masternya di Australian National University, Canberra, Australia tersebut.

Pandu sendiri merupakan seorang diplomat Kementrian Luar Negeri yang dengan mengambil fokus studi Kebijakan Maritim Indonesia di Jepang. Kenapa Jepang? Sebab Pandu ingin fokus dalam studi kawasan Asia Timur dan Jepang merupakan salah negara yang tepat untuk mendalami kajian Asia Timur.

Ditambah lagi Jepang dan Indonesia merupakan sama-sama negara maritim sehingga tentunya bisa dijadikan sebagai pembanding dalam pengambilan kebijakan. (*)

 

Sumber :

https://works.bepress.com/m-lukito/2/