Manfaat buah ceri untuk kesehatan

Buah dari buah yang baik tidak diragukan lagi, termasuk ceri. Meskipun cukup unik karena ukurannya yang kecil, ada banyak sekali manfaat ceri yang memalukan jika Anda melewatkannya. Apa yang membuat Anda penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Manfaat buah ceri untuk kesehatan

1. Membantu Anda tidur lebih cepat
tidur sudah cukup untuk mencegah Alzheimer

Apakah Anda sudah lelah dan mengantuk, tetapi tidak bisa tidur? Beberapa orang mengalami hal ini, mungkin karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, stres, terlalu banyak pikiran dan sebagainya. Jika kondisi ini tertinggal, dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes dan obesitas.

Yah, Tara Gidu Collingworth, RD, ahli gizi dan penulis buku resep untuk penjinakan, sering menyarankan Anda untuk kesulitan tidur untuk mencoba minum segelas jus ceri. Karena ceri kaya akan melatonin, hormon yang berperan dalam mengatur siklus bangun dalam tubuh.

Ini juga diperkuat oleh penelitian yang meminta peserta untuk minum jus ceri dua kali sehari, yaitu setelah bangun dan sebelum makan malam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan bisa tidur lebih lama setelah secara teratur minum jus ceri.

Tertarik mencobanya? Anda bisa minum setengah gelas jus ceri tanpa gula satu jam sebelum tidur.

2. Sumber nutrisi yang baik
manisan buah

Warna merah kulit ceri tidak hanya mampu meningkatkan penampilannya. Ceri merah khas berasal dari kandungan tinggi anthocyanin, sejenis antioksidan yang memiliki tugas memerangi kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh karena stres oksidatif.

Sebuah studi 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menyatakan bahwa ceri mengandung banyak nutrisi penting tubuh. Di antaranya adalah serat, karotenoid, vitamin C, kalium, tetapi buah ini rendah kalori sehingga aman untuk dijadikan camilan bagi Anda yang takut lemak.

3. Meredakan nyeri sendi
osteoartritis dan osteoporosis

Nyeri sendi, juga dikenal sebagai artritis, sering membuat pasien tidak nyaman. Nyeri sendi seringkali tidak menghambat aktivitas sehari-hari. Nah, manfaat ceri lain yang bisa Anda dapatkan adalah membantu mengurangi nyeri sendi.

Sebuah penelitian terhadap 20 wanita berusia antara 40 dan 70 dengan nyeri sendi menemukan bahwa minum jus ceri secara teratur dua kali sehari selama 3 minggu dapat secara signifikan mengurangi peradangan, yang merupakan penyebab nyeri sendi.

4. Meringankan nyeri otot setelah berolahraga
cardio untuk nyeri lutut

Bagi Anda yang senang berolahraga dan sering menderita sakit otot setelah menyelesaikan latihan, segelas jus ceri konon bisa membantu meringankan rasa sakit. Satu studi melaporkan bahwa pelari maraton yang secara teratur minum jus ceri seminggu sebelum perlombaan mengalami nyeri otot yang lebih ringan daripada atlet yang tidak minum jus ceri.

Para peneliti menduga bahwa ini disebabkan oleh kandungan antioksidan dalam ceri, yang membantu meredakan radang pada otot setelah bekerja keras. Selain itu, diyakini bahwa jus ceri membantu menenangkan tubuh setelah berolahraga.

5. Menurunkan tekanan darah
tekanan darah rendah

Terakhir namun tidak kalah pentingnya, manfaat buah ceri sayangnya tidak terjawab, yang membantu mengurangi tekanan darah. Menurut sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, ini karena ceri mengandung polifenol tingkat tinggi. Polifenol adalah jenis antioksidan yang diyakini dapat membantu mengurangi kadar tekanan darah dalam tubuh.

Tidak hanya itu, para ilmuwan Inggris telah menemukan bahwa jus ceri bekerja lebih efektif dalam menurunkan tekanan darah, yaitu setelah tiga jam konsumsi.

Setelah Anda mengetahui semua kebaikan ceri, mulai sekarang jangan singkirkan ceri di dalam pai, es krim, atau hidangan lainnya. Buah kecil inilah yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Baca juga: