Rangka Manusia adalah

Rangka Manusia adalah

Rangka Manusia adalah
Rangka Manusia adalah

Beberapa pendapat ahli yang dapat disimpulkan

Mengatakan bahwa pengertian rangka manusia adalah rangkaian tulang yang saling bersambungan secara teratur dan membentuk tubuh manusia. Dapat dikatakan sebuah rangka jika terhubung satu sama lain yang membuat rangka tersebut terhubung karna adanya sendi dan digerakkan oleh otot, yang kita ketahui bahwa rangka tubuh biasa disebut dengan endoskeleton. Endoskeleton adalah rangka yang terdapat dalam tubuh manusia yang dibungkus oleh otot (daging).

Rangka akan saling bekerja sama yang membentuk sebuah sistem rangka

Sistem rangka adalah suatu kesatuan yang memberikan dukungan berupa dukungan fisik yang disusun oleh sejumlah tulang. Sistem rangka terbagi atas 3 bagian atau 3 tipe yakni eksternal, internal dan basis cairan (rangka hidrostatik). basis cairan (rangka hidrostatik) juga dikelompokkan secara terpisah karna tidak adanya struktur penunjang.

Fungsi Rangka Tubuh Manusia

Rangka memiliki peran penting dalam tubuh manusia, yang fungsi rangka tersebut secara garis besar rangka berfungsi sebagai menegakkan tubuh, tapi bukan hanya itu saja ada banyak fungsi-fungsi rangka dan penjelasannya yang dapat dilihat seperti dibawah ini.
Rangka tubuh manusia dan hewan bertulang belakang tersusun atas tulang-tulang. Secara umum, rangka mempunyai enam macam fungsi.

Keenam fungsi rangka itu adalah sebagai berikut.

  1. Menegakkan tubuh dan memberi bentuk tubuh. Misalnya, tulang belakang dan tulang kaki berfungsi menegakkan tubuh dan tulang-tulang tengkorak bagian depan berfungsi menentukan bentuk wajah.
  2. Pelindung alat-alat tubuh yang penting dan lunak. Misalnya,  tulang-tulang penyusun rongga dada berfungsi melindungi jantung dan paru-paru serta tulang-tulang tengkorak berfungsi melindungi otak dan bola mata.
  3. Tempat meletakat otot-otot. Tanpa rangka, otot-otot rangka tidak mempunyai tempat melekat. Misalnya, otot bisep yang terdapat pada lengan, ujung atasnya melekat pada tulang belikat dan tulang lengan atas, sedangkan ujung bawahnya melekat pada tulang pengumpil.
  4. Tempat pembuatan sel-sel darah. Tempat pembuatan sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih, misalnya di dalam tulang-tulang pipih dan tulang-tulang pendek.
  5. Tempat sumsum kuning. Tempat sumsum kuning yang mengandung sel-sel lemak, misalnya di dalam tulang pipa tulang paha.
  6. Sebagai alat gerak. Dengan meluruskan atau merapatkan anggota badannya, hewan dan manusia dapat berpindah dan bergerak.

Pembentukan Tulang pada Manusia

Proses pembentukan tulang manusia atau osifikasi berasal dari tulang rawan (kartilago yang berasal dari mesenkim). Kartilago memiliki rongga yang akan terisi oleh osteoblas (sel-sel pembentuk tulang). Osteoblas membentuk osteosit (sel-sel tulang). Setiap satuan sel-sel tulang akan melingkari pembuluh darah dan serabut saraf membentuk sistem havers. Matriks akan terisi kapur dan fosfor yang menyebabkan tulang menjadi keras.
Struktur Rangka Manusia
Tulang yang menyusun manusia terdiri atas 206 buah, yang kemudian dibedakan menjadi tulang aksial dan tulang apendikular. Tulang Aksial Tulang aksial merupakan tulang-tulang yang menyusun rangka utama mulai dari tengkorak hingga tulang ekor. Tulang Apendikular Merupakan tulang-tulang yang menyusun anggota gerak bawah (tangan) dan anggota gerak bawah (kaki).

Baca Juga :