Hubungan Nilai Dan Tingkah Laku

Hubungan Nilai Dan Tingkah Laku

 

Hubungan Nilai Dan Tingkah Laku
Hubungan Nilai Dan Tingkah Laku

Di dalam kehidupan manusia, nilai berperan sebagai standar

Yang mengarahkan tingkah laku. Nilai membimbing individu untuk memasuki suatu situasi dan bagaimana individu bertingkah laku dalam situasi tersebut (Rokeach, 1973, Kahle dalam Homer dan Kahle, 1988). Nilai menjadi kriteria yang dipegang oleh individu dalam memilih dan memutuskan sesuatu (Williams dalam Homer dan Kahle, 1988).

 

Danandjaja (1985) mengemukakan bahwa nilai memberi arah pada sikap

Keyakinan dan tingkah laku seseorang, serta memberi pedoman untuk memilih tingkah laku yang diinginkan pada setiap individu. Karenanya nilai berpengaruh pada tingkah laku sebagai dampak dari pembentukan sikap dan keyakinan, sehingga dapat dikatakan bahwa nilai merupakan faktor penentu dalam berbagai tingkah laku sosial (Rokeach, 1973, Danandjaja, 1985).

 

Nilai merupakan salah satu komponen yang berperan dalam tingkah laku

Perubahan nilai dapat mengarahkan terjadinya perubahan tingkah laku. Hal ini telah dibuktikan dalam sejumlah penelitian yang berhasil memodifikasi tingkah laku dengan cara mengubah sistem nilai (Grube dkk., 1994, Sweeting, 1990, Waller, 1994, Greenstein, 1976, Grube, Greenstein, Rankin dan Kearney, 1977, Schwartz dan Inbar-Saban, 1988). Sumber : https://bandarlampungkota.go.id/blog/jenis-dan-contoh-jaringan-hewan/

 

Perubahan nilai telah terbukti secara signifikan menyebabkan perubahan

Pula pada sikap dan tingkah laku memilih pekerjaan, merokok, mencontek, mengikuti aktivitas politik, pemilihan teman, ikut serta dalam aktivitas penegakan hak asasi manusia, membeli mobil, hadir di gereja, memilih aktivitas di waktu senggang, berhubungan dengan ras lain, menggunakan media masa, mengantisipasi penggunaan media, dan orientasi politik (Homer dan Kahle, 1988).