Bima Arya Minta Kantor Pemerintah Ikut Serta Lomba Bogorku Bersih

Bima Arya Minta Kantor Pemerintah Ikut Serta Lomba Bogorku Bersih

 

Bima Arya Minta Kantor Pemerintah Ikut Serta Lomba Bogorku Bersih

Lomba Bogorku Bersih Tahun 2018 telah berakhir

Tahun depan Wali Kota Bogor, Bima Arya meminta penambahan kategori, yakni Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terbersih.

Tahun ini ada 12 kategori

Saya mengusulkan tahun depan minta ke Pak Hazairin ditambah kategorinya untuk kantor pemerintahan. Jangan sampai kebersihan di kantor Balai Kota kalah dengan kategori lain,” ungkap Bima dalam acara Lomba Bogorku Bersih Tahun 2018 di Braja Mustika, Senin (10/12/2018) malam.

Bima mengaku telah melakukan survei secara langsung terhadap peserta yang diyakini menjadi pemenang. Kunjungan itu dilakukan bersama panitia di sela aktivitasnya. Untuk mewujudkan Kota Bogor menjadi bersih menurutnya seperti cita-cita yang berawal dari mimpi.

“Mimpi itu dimulai tiga tahun lalu ketika kita sama sama melaksanakan bogorku bersih yang pertama. Hari ini di tahun ketiga nampak sudah terlihat hasilnya,” katanya.

Pada tahun pertama, kata Bima

Ada sebanyak 157 RT yang ikut serta. Kemudian di tahun kedua bertambah menjadi sebanyak 280 RT. Sementara untuk tahun ini bertambah lagi menjadi sebanyak 611 RT.

“Meski jumlah itu hanya sekitar 25 persennya dari total keseluruhan 3.500 RT, tapi itu menunjukan peningkatan sentimen positif mengenai kepedulian warga terhadap lingkungan,” tambah Bima.

Untuk anggaran

Bima mengaku ada peningkatan setiap tahunnya. Menurut dia di tahun pertama sebesar Rp 130 juta, tahun kedua Rp 250 juta, dan tahun ini Rp1 miliar.

“Tinggal di kota yang bersih dan nyaman akan semakin dekat. Kita tidak akan mundur untuk membuat Kota Bogor bersih dan nyaman,” kata Bima.

Di akhir, ia meminta masyarakat mengkolaborasikan gaya hidup yang bersih dengan meminimalisir sampah. Terutama pengurangan sampah plastik seperti program terbarunya, Bogor Tanpa Kantong Plastik atau dikenal dengan sebutan BOTAK. contoh report text singkat tentang hewan

Dalam acara tersebut

Bima juga memberikan penyerahan hadiah secara simbolis kepada sang juara. Dia diberi kesempatan untuk menyerahkan pemenang penghargaan Lomba Bogorku Bersih 2018 kategori pusat perbelanjaan terbersih.

Penghargaan pada kategori tersebut dimenangkan oleh Botani Square juara 1. Kemudian juara 2 dimenangkan oleh Lippo Plaza Ekalokasari dan juara 3 dimenangkan oleh Giant Dramaga.

Selain Bima

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat juga turut menyerahkan penghargaan kepada pemenang dengan kategori SD terbersih.

Ade menyerahkan penghargaan kepada SD Kawung Luwuk sebagai juara ke-1. Kemudian juara ke-2 jatuh kepada SD Kebon Pedes 1. Lalu, juara ke-3 diraih oleh SD Kesatuan.

Sedangkan di kategori perumahan swadaya dimenangkan oleh warga RT 03 RW 01, Kp. Kayu Manis, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal.

Untuk kategori tepi sungai

Dimenangkan oleh warga RT 03 RW 02, jalan Pangeran Asogiri, Gg Abdul Qodir, Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara.

Sedangkan kategori perumahan teratur dimenangkan warga Perumahan Cimahpar Residence, RT 04 RW 15, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara.