Pengertian Bug pada Komputer beserta Penyebabnya

Bug umumnya dapat diartikan sebagai serangga. Namun, jika ditafsirkan dalam suatu program, kesalahan adalah kesalahan yang muncul dalam kode sumber, sehingga hasilnya tidak seperti yang direncanakan. Kedua makna memiliki sifat yang sama, yang “mengganggu” dan dapat menyebabkan kerugian besar.

Banyak yang percaya bug hanya menyebabkan gangguan kecil, tetapi mereka sebenarnya berbeda. Banyak insiden terkait bug, salah satunya pada tahun 1996, roket senilai $ 1 miliar yang disebut Ariane 5 dihancurkan beberapa detik setelah diluncurkan karena bug dalam program kontrol komputer di papan roket.
Jika kami terus memeriksa, bug dapat terjadi karena dua penyebab utama berikut, yaitu:

Kesalahan manusia

Ini adalah penyebab bug yang paling umum dalam program komputer karena orang itu sendiri bertindak sebagai pencipta program di komputer sehingga sumber kesalahan utama secara otomatis berasal dari orang itu sendiri. Kesalahan manusia juga dapat dibagi menjadi beberapa bagian, termasuk:

– Tidak ada komunikasi antara programmer

Komunikasi adalah poin penting dalam tim, terutama dalam pemrograman. Jika ada kesalahpahaman, baik itu masalah kecil, maka sudah pasti bug akan muncul dalam program di mana ia bekerja.

– Pemrogram juga manusia

Seorang programmer juga sama dengan orang lain yang bisa berbuat salah. Tidak semua pemrogram tim sudah memiliki tingkat pengalaman yang sama, dan kondisi fisik seseorang memengaruhi kinerja mereka, jadi solusi untuk masalah ini adalah dengan menambahkan banyak pemahaman dan menjaga gaya hidup kita untuk meminimalkan terjadinya bug – benci.

Bug Komputer

– Perubahan permintaan konsumen

Konsumen pasti mengharapkan hasil maksimal dan sesuai dengan keinginan mereka. Namun, jika konsumen terus meminta peninjauan / perubahan secara terus-menerus dapat memungkinkan terjadinya bug dalam program yang diminta. Perubahan bisa berdampak pada banyak algoritma yang perlu dirancang ulang sehingga bug tidak lagi mengejutkan.

– Tekanan batas

Ini adalah salah satu pengaruh yang memiliki peluang untuk meningkatkan bug. Waktu adalah sesuatu yang tidak dapat diubah, jadi ini adalah salah satu tantangan terbesar bagi seorang programmer. Balapan waktu dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti yang tidak diinginkan, hasil yang tidak sempurna, dll., Sehingga kesalahan dapat terjadi sebagai akibat dari konsekuensi yang dihasilkan.

pembelajaran ingin mengundang pembaca untuk mengetahui arti Bug. Sebuah kata yang sering diucapkan oleh pengguna komputer yang program atau aplikasinya bermasalah. Sebenarnya, apa yang dimaksud Bug?

Memahami kesalahan adalah kesalahan pada komputer, apakah disebabkan oleh perangkat lunak atau perangkat keras, sehingga komputer tidak berfungsi dengan benar. Bahkan, istilah “Bug” digunakan oleh insinyur dan reparasi atau reparasi sebelum usia komputer. Insinyur Amerika menyebut Bug sebagai kekurangan motor kecil selama lebih dari seabad. Sementara itu, Thomas Edison yang legendaris berbicara tentang serangga di sirkuit listrik pada tahun 1870-an.

Kemudian kata bug muncul di dunia komputer ketika komputer pertama dibangun pada awal 1940-an ketika ada seorang pekerja yang menemukan bug di kedua perangkat keras dan program. Tetapi, nyatanya, istilah “bug komputer” dimulai dengan cerita yang unik. Pada 9 September 1945, sebuah tim dari Universitas Hardvard menganalisis panel F dan menemukan sesuatu yang tidak biasa di antara titik-titik dalam relay 70. Ternyata itu adalah ngengat (serangga, binatang kecil, serangga), kemudian segera mengambil dan menyimpannya di kartu boarding. Grace Hopper mencatat buku yang berjudul “Kasus nyata kesalahan pertama yang ditemukan” dan ini adalah pertama kalinya istilah Bug digunakan untuk menggambarkan kesalahan komputer.

Sumber : https://www.videomax.co