Silsilah Raja-Raja Kerajaan Tarumanegara Lengkap

Silsilah Raja-Raja Kerajaan Tarumanegara Lengkap – Kerajaan Taruma Nagara, adalah kerajaan Tertua di Pulau Jawa, oleh Pedagang China disebut Toe – Poemoe pada Abad ke 5 Masehi menganut Agama Hindu Siwa dan dari 12 Raja yang berkuasa hanya Raja ke Tiga Purna Warmanlah yang lebih Populer, karena mendapat simpati yang besar dari kaum Brahmana Hindu saat itu, nama Tarum = Citarum, karena pada mulanya batas sampai Sungai Citarum yang sekarang ini antara Cianjur dengan Kabupaten Bandung Jawa Barat.

Silsilah Raja-Raja Kerajaan Tarumanegara Lengkap

Silsilah Kerajaan Tarumanegara

Adapun Raja-Raja Taruma Nagara adalah  ;

Raja Djaja Singawarman ( Th.358 M – Th.382 M ) Pendiri Kerajaan Taruma Nagara bergelar Raja Diraja Guru Djaja Singawarman dan oleh para Brahmana Hindu disebut Gurudharma Purusa, ia adalah menantu Dewa Warman ke VIII Maha resi dari Kerajaan Salam Kayana di India yang mengungsi karena terdesak oleh Kerajaan Gupta Magada yang rajanya di Perintah oleh Maha Raja Samudra Gupta waktu itu, wilayahnya mulai dari Djasinga Bogor menbentang ke Timur dengan membawahi kerajan-kerajaan kecil sebagai kerajaan disisi sungai Cisadane dan Sungai Ciliwung dengan batas Sungai Citarum sekarang ini.

Raja Dharmaya Warman

Raja Dharmaya Warman ( Th.382 M – Th.395 M ) di Ciampea Bogor..

Raja Purna Warman

Raja Purna Warman ( Th.395 M – Th.434 M ) terkenal karena pada tahun 417 M melakukan Penggalian Sungai Gomati dan Candrabaga ( Kali Bekasi sekarang ) untuk Pengairan sawah sepanjang 11 Km dan melakukan selamatan dengan mempersembahkan 1000 ekor Sapi kepada kaum Brahmana Hindu, dan menurut Pusaka Nusantara, pada Parwa II Sarga 3 ( hal.152 – 162 ) menyebutkan bahwa pada Kekuasaan Purna Warman terdapat 48 Kerajaan Kecil kedaerahan yang membentang dari Salaka Nagara atau Rajjata Putra yaitu didaerah Teluk Lada Pandeglang Banten sampai ke Purwalingga ( Purbalingga sekarang ) Jawa Tengah dengan batas kali Brebes Jawa Tengah Saat ini.

Raja Wisnu Warman

Raja Wisnu Warman ( Th. 434 M – Th. 455 M )

Raja Indra Warman

Raja Indra Warman ( Th. 455 M – Th. 515 M )

Raja Tjandra Warman ( Th. 515 M – Th. 535 M )

Raja Surya Warman

Raja Surya Warman ( Th. 535 M – Th. 561 M ) menantunya Manikmaya pada Tahun 536 M mendirikan kerajaan Kendan di Nagreg antara limbangan sampai Garut, dan Putra Manikmaya menjadi Panglima Perang kerajaan Kakeknya Taruma Nagara.

Raja Kerta Warman ( Th. 561 M – Th. 628 M )

Raja Sudha Warnan ( Th. 628 M – Th. 639 M )

Raja Hariwansa Warman ( Th. 639 M – Th. 640 M ) pada Prasasti Purna Warman di Pasir Muara memberitakan bahwa Raja Sunda dalam tahun 536 Masehi mengubah status kerajaannya menjadi kerajaan daerah.

Raja NagaDjaja Warman ( Th. 641 M – Th. 666 M )

Raja Lingga Warman ( Th. 666 M – Th. 669 M ) adalah Raja Terakhir Kerajaan Taruma Nagara dan dilanjutkan oleh menantunya Tarusbawa yang kawin dengan Putri sulungnya berkuasa dari Th. 669 M  S/d Th. 723 M,  karena Raja Lingga Warman mempunyai 2 Orang Putri yaitu Manasih sebagai Putri Sulung dan Sobakancana sebagai Putri kedua dan menikah dengan Sri Djaja Nasa pendiri kerajaan Sriwijaya.

Sumber: https://sel.co.id/